Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2013, 13:08 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com — Tahukah Anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi contoh orangtua yang baik bagi anak-anak Anda? Selamanya! Ya, untuk membesarkan anak menjadi seseorang yang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, orangtua harus memberikan contoh yang baik kepada mereka.

Beberapa orangtua mungkin berpikir, dalam membesarkan anak yang dibutuhkan hanya disiplin, cinta, dan kasih sayang. Salah! Itu saja tidak cukup untuk menjadikan Anda menjadi orangtua yang baik. Terlebih lagi di zaman sekarang, yang sama sekali berbeda dibandingkan saat Anda masih kecil. Kini, setiap orangtua harus mengawasi Anda secara ekstra dan sesuai dengan perkembangan lingkungan di sekeliling mereka.

Mudah saja untuk menjadi sosok orangtua yang baik, sebagaimana yang dijabarkan pada laman Boldsky berikut ini:

Berkomunikasi lewat ekspresi

Jangan malu untuk menunjukkan perasaan Anda di depan anak. Kalau sedih, perlihatkan kesedihan. Kalau kesal, perlihatkan bahwa Anda kecewa mereka tidak menuruti nasihat Anda. Namun jangan lupa, sertakan juga penjelasan dari sikap Anda tersebut agar anak memahami orangtua sekaligus merasa lebih dekat.

Lebih banyak ngobrol

Apabila Anda dan anak sering meluangkan waktu untuk lebih banyak berbincang satu sama lain, ini bisa mempererat hubungan emosional anak sekaligus membangun kenyamanan bahwa mereka bisa membicarakan apa saja kepada Anda.

Jangan menjadi orangtua egois

Untuk menjadi orangtua yang baik, Anda juga harus mengerti apa yang anak rasakan dan inginkan. Lagi-lagi kuncinya adalah komunikasi, sembari menunjukkan kepada anak bahwa Anda mendengarkan mereka sebagaimana mereka mendengarkan Anda.

Tempatkan diri Anda di posisi anak

Jika Anda bisa menempatkan posisi diri Anda sebagai anak, maka Anda akan menyadari apa yang mereka alami dan apa yang mereka pikirkan. Untuk menjadi orangtua yang baik, sesekali ingatkan diri Anda saat masih seusia mereka, apa yang saat itu Anda alami dan rasakan. Dengan begitu, hal tersebut lebih memudahkan Anda untuk mencerna kesulitan mereka.

Beripikir dan berbicara dengan bahasa anak

Mungkin di kantor dan lingkungan sosial, Anda dikelilingi oleh manusia dewasa. Namun, ingat, di rumah ada si kecil yang masih berpikir, berperilaku, dan berbicara layaknya anak-anak. Jadi, jangan lupa saat berbicara dengan anak, berbicara dan berpikirlah seperti mereka, dan cara ini juga dapat membuat anak merasa saat berbicara dengan Anda seperti pada temannya.

Jangan tunjukkan perilaku yang buruk

Sebagai orangtua yang baik, Anda dan pasangan jangan pernah sekali-kali bertengkar atau berdebat di depan anak. Bila disaksikan oleh anak, memori di otaknya akan terus merekam apa yang mereka saksikan, dan bisa berdampak buruk di kehidupan masa depannya kelak. Sebaliknya, tebarkan banyak cinta di hadapan anak Anda.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com