Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan Hijau di Ajang Indonesia Fashion Week 2014

Kompas.com - 29/11/2013, 11:14 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Kampanye hidup hijau yang beberapa tahun sebelumnya santer terdengar, kini mulai redup. Meski begitu, tak boleh ada kata berhenti untuk mengampanyekan gerakan untuk lebih mencintai lingkungan ini. Para desainer Indonesia pun tak mau ketinggalan ikut ambil bagian dalam gerakan hijau tersebut.

Pada ajang Indonesia Fashion Week (IFW) yang akan digelar pada pertengahan Februari 2014 mendatang, mereka sepakat untuk mengusung konsep Green Movement. Bukan hanya sekedar isu, tapi juga mewujudkannya dalam busana.

“Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tekstil serat alami dan pewarnaan alami sejak lama," ujar M.S. Hidayat selaku Menteri Perindustrian dalam sambutannya di acara Breakfast Meeting yang membahas tentang konsep hijau pada ajang IFW di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Kementrian Perindustrian bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, akan memberi dukungan kepada Green Movement tersebut di ajang IFW.

Menurut M.S Hidayat, gerakan hijau yang diterapkan dalam dunia fashion ini diharapkan dapat menular ke masyarakat luas. Mengapa industri fashion? karena fashion sudah dianggap sebagai salah satu pendukung gaya hidup masyarakat Indonesia. Apa yang Anda pakai, itulah yang orang lain lihat.

 
Menurut Dina Midiani, Direktur IFW, gerakan hijau di ajang IFW akan dibagi menjadi dua isu, yaitu pewarnaan alam yang perwujudannya lewat standarisasi paduan warna alam berskala internasional yang dinamakan Indonesia Natural Color Guide.
 
Sementara isu kedua lebih kepada penciptaan Indonesia Eco Fashion/label yang diwujudkan dengan sertifikasi bagi brand yang sudah menerapkan konsep eco-friendly dalam proses produksinya serta dalam produk hasil jadinya.
 
“Kami berpikir orang indonesia itu senang sekali tampil, ya, pada dasarnya manusia ingin tampil, mereka dikenali lewat tingkat status melalui fashion. Dari sini kami mengajak semua insan agar bisa bangga bahwa mereka bisa peduli lingkungan lewat fashion,” kata Dini dalam kesempatan yang sama.
 
Dalam pelaksanaan IFW 2014 mendatang akan ditampilkan pameran produk pewarnaan alam dan eco product, lebih banyak slot fashion show yang menampilkan desainer ikonik yang mengangkat karya eco product dan pewarnaan alam serta seminar, dan juga workshop bertema green products.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com