Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Gadget Canggih Kok Cuma untuk Berkirim Pesan?

Kompas.com - 29/11/2013, 14:00 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 


 
KOMPAS.com - Keakraban perempuan dengan kecanggihan teknologi atau gadget sebenarnya tak kalah dengan kaum laki-laki. Tetapi belum banyak perempuan yang memaksimalkan gadget tersebut untuk mendapatkan informasi. Meski memiliki gadget canggih, tapi mereka baru menggunakannya sebatas untuk berkirim pesan atau melakukan panggilan.

Selain itu, kebanyakan wanita lebih aktif di media sosial dan mengisi waktu luangnya untuk mengunduh aplikasi games. Kebanyakan perempuan lebih memilih menggunakan gadget untuk belanja online.

"Saat ini banyak wanita atua ibu-ibu muda yang memiliki smartphone mininal dua. Sayangnya, masih banyak yang belum memanfaatkan aplikasi yang tersedia di gadget mereka dengan maksimal," kata Diana Ayudya, Head of Marketing Communications SpeedUp Techonology dalam acara dialog bertajuk Wanita dan Teknologi di Jakarta (28/11/13).

Acara tersebut digelar oleh Carrefour Lebak Bulus bersama SpeedUp Technology dan dihadiri oleh berbagai komunitas perempuan, termasuk Komunitas Bunda Carrefour dan Indonesian Women IT Awareness (Iwita).

Diana menambahkan, sebenarnya banyak sekali situs internet dan aplikasi yang menyediakan layanan dan akses informasi yang ditujukan untuk wanita.

Hal senada disampaikan Martha Simanjuntak dari Iwita. Menurutnya, meski sudah memakai gadget canggih tapi kebanykan hanya menggunakannya untuk melakukan panggilan dan berkirim pesan pendek. "Biasanya ini lebih pada belum banyak yang mengenalkan apa saja layanan dan aplikasi yang bisa digunakan," katanya.

Melihat fenomena ini, Carrefour dan SpeedUp berinisiasi menggelar program khusus  Ladies Gadget Corner (LGC), atau pojok gadget buat kaum wanita selama bulan Desember 2013. Pojok ini berlokasi di empat Carrefour, yakni di Lebak Bulus, Mall of Indonesia, Puri Indah dan Mal Ambasador. Di pojok gadget ini, setiap wanita dan ibu muda bisa bertanya tentang apa saja akses informasi yang bisa dimanfaatkan dan bagaimana mengaksesnya.

“Kita ingin wanita yang juga seorang ibu untuk anak-anaknya, menjadi lebih pintar dan kemudian percaya diri,” ujar Diana.

Seiring dengan itu, SpeedUp Technology pun merilis produk terbaru mereka berupa Speedup Pad 7.85 yang didesain modis dan dianggap cocok buat kaum wanita. Di dalamnya sudah terdapat beberapa aplikasi, seperti Dokter Gratis, Masak Apa, Masakan daerah, belanja online serta majalah-majalah wanita dan anak, seperti Nova, Nakita dan Sedap Saji.

Rahmad Wijaya Sakti, Direktur Produk dan Pemasaran SpeedUp mengatakan, diluncurkannya produk ini diyakini akan memberi kemudahan bagi wanita Indonesia dalam berinternet. Gadget yang sekilas mirip dengan produk Apple, iPad Mini ini disampaikan Hendrik Adrianto dari Carrrefour, hanya dijual ekslusif di Carrefour dengan harga reguler Rp 2.499.000.-

Dengan mengenalkan produk Pad terbaru dan Pojok Gadget buat Wanita ini, Carrefour dan SpeedUp berharap membuat lebih banyak lagi wanita yang menggunakan gadgetnya untuk mengakses informasi dan berbagi. Tidak lagi hanya sekadar untuk melakukan panggilan dan berkirim pesan, chatting atau berbelanja online.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com