Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2013, 11:32 WIB

Kompas.com - Sukses bagi setiap orang memiliki takaran yang berbeda. Bisa jadi kesuksesan berarti menduduki jabatan strategis di kantor, membuat orang terdekat bahagia, bersikap mandiri dan tak tergantung pada orang lain, atau memiliki waktu cukup untuk bercengkrama dengan buah hati.

Sebuah survei terbaru yang diadakan oleh Citi dan LinkedIn pada 1023 member LinkedIn, menunjukkan bahwa makna kesuksesan pria dan wanita pun memiliki perbedaan yang cukup kontras.

Seperti dilansir The Huffington Post, hasil survei online yang diisi oleh 512 wanita dan 511 pria ini seolah membantah anggapan bahwa wanita lebih mengutamakan pernikahan dan buah hati dibanding pria. Survei itu juga menunjukkan, pekerja profesional rata-rata tak menakar kesuksesan dari jumlah pendapatan.

Survei ini juga menjelaskan enam hal yang menjadi pembeda dari cara wanita dan pria dalam mendeskripsikan kesuksesan. Apa saja?

1. Sebanyak 9 persen responden wanita tidak menganggap memiliki pasangan adalah salah satu kesuksesan. Angka ini naik sebanyak 5 persen dari survei yang diadakan tahun 2012 lalu.

2. Sebanyak 86 persen pria menganggap bahwa memiliki buah hati merupakan salah satu definisi kesuksesan. Sementara wanita yang menganggap demikian sejumlah 73 persen.

3. Sebanyak 58 persen responden, pria dan wanita, tak dapat lepas dari urusan pekerjaan saat akhir pekan. Sementara 62 persen yang tetap bekerja saat sedang berlibur.

4. Pria cenderung mendefinisikan dirinya sebagai sosok yang percaya diri, ambisius, dan berorientasi pada keluarga. Sementara wanita mendefinisikan dirinya sebagai pendengar yang baik, loyal, dapat bekerja sama, dan berorientasi pada detail.

5. Perihal keuangan lebih mudah membuat wanita stres dibanding pria.

6. Wanita yang hidup pada generasi ini lebih cenderung menilai dirinya ambisius dibanding wanita di generasi-generasi sebelumnya. Ini juga membantah anggapan bahwa hadirnya era digital membuat seseorang menjadi lebih malas.

Lalu, apa arti kesuksesan bagi Anda?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com