Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2013, 22:34 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com — Suara pertama yang Anda dengar adalah degup jantung ibu, makanan dan minuman yang pertama Anda serap datang dari usus ibu, serta selimut yang kali pertama menghangatkan tubuh Anda adalah rahim ibu.

Hubungan emosional antara ibu dan anak telah dimulai saat anak masih berbentuk janin dalam kandungan. Bahkan, menurut temuan sejumlah ilmuwan, saat masih berada dalam kandungan, janin memiliki kemampuan mendengarkan suara ibunya. Jadi, tidak berlebihan rasanya untuk menyimpulkan bahwa seorang ibu dan anak memiliki hubungan mendalam yang sulit terpatahkan.

Tak peduli anak-anak, remaja, atau sudah berkeluarga sekalipun, kita semua pasti pernah mengalami masa-masa sulit, atau terimpit konflik yang menyebabkan stres, cemas berlebihan, panik, dan khawatir terus-menerus, yang apabila tidak segera ditangani dapat mengakibatkan depresi.

Menurut hasil studi yang dilansir SheKnows, salah satu penawar stres yang mujarab adalah suara ibu. Pernyataan ini turut didukung oleh seorang psikoterapis, Heather Hans, yang mengatakan bahwa temuan tersebut sangatlah masuk akal karena suara pertama yang didengar manusia kali pertama dalam hidupnya adalah suara ibu.

Meskipun anak beranjak dewasa, suara ibu dipercaya masih memiliki daya untuk menenangkan gejolak emosi buah hatinya. Di samping itu, kata-kata tulus yang diucapkan oleh ibu, menurut Heather, juga merupakan painkiller paling ampuh di dunia.

Pada jurnal Proceeding of the Royal Society yang memublikasikan sebuah penelitian mengenai ikatan batin ibu dan anak ditunjukkan bahwa tingkat stres perempuan belia mengalami penurunan setelah mereka berkomunikasi dan memeluk ibunya. Seketika, hormon stres mereka mengalami penurunan signifikan, digantikan dengan hormon kortisol, yang dikenal sebagai hormon cinta.

Maka dari itu, apabila Anda seorang ibu, sebaiknya dipikir dulu sebelum mengeluarkan kata-kata yang mengandung amarah ke anak. Sebab, entah si anak mengakui atau tidak, penilaian dan pandangan seorang ibu memiliki porsi besar dalam menentukan berbagai pilihan dalam hidupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com