Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2013, 10:26 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Shine

KOMPAS.com — Ini adalah hari berkabung untuk dunia. Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, yang juga pejuang anti-apartheid yang pernah dipenjara selama 27 tahun, meninggal dunia pada usia 95 tahun. Meski begitu, pusakanya sebagai seorang aktivis, suami, ayah, dan juga kakek akan hidup selamanya.

Pemenang Nobel Perdamaian untuk perjuangannya di Afrika Selatan ini memiliki keluarga yang sangat mendukungnya. Sepanjang hidupnya, ada beberapa wanita yang pernah singgah di hatinya.

1. Evelyn Mase
Mandela menikahi Mase yang berprofesi sebagai perawat di Afrika Selatan pada tahun 1944. Meski pasangan ini dikaruniai empat orang anak, mereka hidup terpisah karena Mandela sangat aktif dalam kegiatannya di kelompok anti-apartheid, African National Congress (ANC).

Menurut sebuah cerita yang dimuat dalam harian The Guardian, suatu hari Mase kembali dari perjalanan ke Durban, Afrika Selatan, dan menemukan sekretaris suaminya berada di rumah mereka di Johannesburg. Mase sangat marah dan menyiramkan air panas ke wanita tersebut yang langsung melarikan diri. Tetapi, perselingkuhan itu tetap berlanjut.

Pernikahan Mandela dan Mase kandas setelah sang istri meminta Mandela memilih antara dirinya atau ANC. Pada tahun 1958, ia keluar dari rumah dan membawa keempat anaknya. Mase meninggal dunia pada tahun 2004, pada usia 81 tahun.

2. Winnie Mandela
Pada tahun yang sama ketika Mandela dan Mase bercerai, Mandela menikahi Winnie Madikizela, yang telah memiliki dua anak, Zenani dan Zindzi. Selama pernikahannya, Mandela beberapa kali harus mendekam di penjara karena perjuangannya melawan apartheid. Pada tahun 1964, ia masuk lagi dalam penjara dan Winnie melanjutkan perjuangan politiknya dan pada kemudian hari juga harus masuk penjara.

Setelah Mandela dibebaskan pada tahun 1990 dan terpilih sebagai Presiden Afrika Selatan pada  1994, perpisahan bertahun-tahun yang mereka alami membuat pernikahannya dengan Winnie renggang. Pasangan ini bercerai pada 1996 setelah menikah 38 tahun. Di pengadilan perceraiannya, Mandela menggambarkan dirinya sebagai "pria paling kesepian" setelah kembali ke rumah dan mengetahui istrinya menjalin affair dengan pria berusia muda.

3. Graca Machel
Dua tahun kemudian, pada ulang tahunnya yang ke-80, Mandela menikahi mantan ibu negara Mozambik, Graca Machel. Meski demikian, pernikahan mereka mendapat penolakan dari warga Afrika Selatan karena kewarganegaraan Machel.

Machel, yang lulusan sekolah hukum dan bisa berbicara dalam tiga bahasa ini, memiliki kehidupan yang lebih mandiri dibanding istri-istri Mandela sebelumnya. Ia bahkan masih memakai nama belakang mantan suaminya. Meski begitu, Mandela hidup rukun dengan Machel dan dua anaknya, Malengani Machel dan Josina Z Machel.

4. Putri-putrinya
Putri-putri Mandela, Makaziwe, Zenani, Zindziswa, serta Josina Machel terus mengampanyekan perjuangan Mandela dan sering hadir mewakili ayah mereka untuk acara-acara kemanusiaan. Yang menyedihkan, Zindziswa mendengar kabar kematian ayahnya saat peluncuran film yang bercerita tentang Mandela.

5. Naomi Campbell
Dengan bangga Mandela menyebut Campbell sebagai cucu kehormatannya. Model cantik ini pernah mengatakan sangat bangga dan banyak belajar dari Mandela. "Setiap kali saya membuat kesalahan, ia mengatakan agar saya mengangkat kepala dan terus maju," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com