Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tubuh Kencang dan Langsing dengan Ikan Salmon

Kompas.com - 06/12/2013, 11:27 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


Kompas.com - Saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, kalori harus dikurangi, terutama yang berasal dari karbohidrat dan lemak. Karena itu biasanya protein menjadi sumber nutrisi yang penting saat kita sedang diet.

Protein memang memiliki banyak kelebihan, termasuk tubuh menggunakan banyak kalori untuk mencernanya ketimbang saat harus mencerna karbohidrat atau lemak. Protein juga mengandung asam amino yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel otot dan jaringan lain di seluruh tubuh.

"Protein juga memberikan rasa kenyang, mencegah kehilangan massa otot, serta bisa menjadi pembangun otot sebagai mesin pembakar lemak," kata ahli nutrisi Rita Ramayulis DCN, M.KES.

Untuk memenuhi asupan tubuh akan protein, Rita menyarankan agar kita memilih makanan yang tinggi protein, misalnya saja produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, serta ikan.

Menurut American Heart Association, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik. Lemak ini juga membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

Ada banyak jenis ikan yang bisa dipilih, tetapi ikan yang sudah terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 adalah ikan salmon.

"Tidak hanya protein yang ada dalam ikan salmon, tapi juga kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit, serta kandungan keratin yang juga berfungsi memelihara pertumbuhan rambut dan kuku," paparnya.

Penelitian yang dilakukan Kementrian Kesehatan RI juga menunjukkan ikan salmon termasuk ikan dengan kandungan protein tertinggi tetapi rendah lemak. Jika kita mengasup satu porsi ikan salmon, maka lemak yang dproduksi hanya tiga gram. Sangat sedikit.

Rita juga mengingatkan pentingnya menjaga asupan yang seimbang dan bervariasi. "Jika pola makan tidak seimbang, berat badan memang turun tapi efek yang terjadi pada tubuh adalah kulit jadi menggelambir atau kendur," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com