Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Badut Sirkus Menginspirasi Sebastian Gunawan

Kompas.com - 06/12/2013, 18:19 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com -  Ajang Bazaar Fashion Concerto (BFC) 2013 kembali digelar. Kali ini BFC mengambil tema Fantasirkus. "Tema ini dipilih  karena sirkus sekarang ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Selain itu, sirkus juga menjadi hiburan yang menyenangkan di tengah kesibukan dan masalah banyak ibu kota," papar Ria Lirungan, Editor in Chief Harpers Bazaar saat konferensi pers Fantasirkus di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2013) lalu.

Dalam ajang ini, desainer Indonesia Sebastian Gunawan adalah salah satu desainer yang turut memeriahkan perhelatan ini. Ia menghadirkan koleksi busana terbarunya yang bertema Harlequin.

"Saya terinspirasi untuk membuat baju-baju yang unik ini dari sosok badut," ungkap Sebastian Gunawan dalam video yang diputar sebelum fashion shownya dimulai.

Sosok badut klasik yang menggunakan kerah besar, atau kerah gorgera, lengkap dengan topi dan rias wajah yang putih dan tebal merupakan inspirasi yang diwujudkannya dalam 48 busananya.

Cutting busana klasik sampai modern seperti draperi, one shoulder, flare, dan peplum banyak ditampilkannya. "Namun warna busananya didominasi dengan warna dan elemen vintage seperti poster sirkus tempo dulu," tambahnya. Ia banyak menggunakan warna-warna kalem dan warna kombinasi seperti merah oranye, koral, merah muda, turtuoise, kuning oranye. Tak ketinggalan, warna-warna gelap seperti hitam, silver dan putih juga dihadirkan.

Sedikit berbeda dengan koleksinya yang biasa, hampir keseluruhan koleksinya kali ini menampilkan bentuk gaun yang aktraktif dan kontruktif. Sedangkan material yang digunakannya antara lain gazaar, satin tafeta, sequin, tulle dan lace. Bahan-bahan print bermotif yang menampilkan ilustrasi sirkus dalam ukuran besar terlihat sangat menonjol di antara busana lainnya.

Untuk melengkapi serunya nuansa sirkus, desainer yang disapa Seba ini juga menghadirkan konsep make-up bertema topeng badut dan juga headpiece berupa kincir angin kecil. Untuk mewujudkannya, ia menggandeng Willy Wahyudi (make-up artist) dan Frej (aksesori artist).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com