Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2013, 16:25 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber NAKITA

KOMPAS.com - Meski Mama boleh menikmati spa dan pijat, ada beberapa rambu yang perlu diperhatikan. Berikut rambu-rambu tersebut: 

1. PIJAT

Berbagai perubahan fisik yang dialami ibu hamil berimbas pada ketidaknyamanan, termasuk pegal-pegal. Pijatan ringan bisa dijadikan solusi. Selain meredakan kekakuan otot, pijat juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga tercipta relaksasi urat dan saraf. Kondisi ini pun dapat membuat ibu lebih nyaman, sehingga dapat terhindar dari stres yang berkelanjutan.

Umumnya, bagian tubuh ibu hamil yang boleh dipijat dan tidak berisiko adalah betis, tangan, punggung, dan leher. Namun , sebaiknya sebelum pijat berkonsultasilah ke dokter mengenai rambu-rambu khusus untuk ibu, mengingat kondisi kehamilan setiap ibu boleh jadi berbeda.

Panduan memijat untuk ibu hamil:

1. Jangan pijat di daerah perut, pinggang, pinggul, karena tiga bagian ini rentan berkontak langsung dengan janin dan bisa memicu kontraksi.

2. Tidak dianjurkan pijat refleksi, karena dapat mengundang kontraksi.

3. Jika pijatan dirasa menimbulkan kontraksi, apa pun metode dan cara memijatnya, segera hentikan.

4. Pijat sebaiknya dilakukan di usia kehamilan 5 bulan ke atas, karena kondisi janin sudah jauh lebih kuat.

5. Pijat dilakukan dalam posisi ibu telentang atau duduk dan pastikan kandungan tidak bermasalah.

6. Pastikan ibu mendapatkan jasa pijat oleh terapis/orang yang mengerti, terlatih, dan berpengalaman dalam memijat ibu hamil.

2. SPA

Banyak manfaat Spa, di antaranya, mengurangi stres, menghilangkan kekakuan otot dan kram kaki, mengurangi bengkak di kaki, memperlancar peredaran darah, memperbaiki postur tubuh, serta mencegah munculnya stretchmark. Jika psikis ibu sehat, maka ia pun akan melahirkan anak yang ceria, tidak mudah rewel, emosi mudah terkontrol, dan lainnya.

RAMBU-RAMBU:

1. Usia kandungan ibu harus di atas tiga bulan, atau lebih aman bila usia kandungan sudah menginjak trimester dua ketika kondisi kehamilan sudah kuat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber NAKITA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com