Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2013, 18:25 WIB

KOMPAS.com – Dengan semakin banyaknya perusahaan asing yang membuka kantor perwakilan di tanah air, otomatis secara tidak langsung beberapa budaya dari negeri asal perusahaan pun diadaptasi oleh para karyawan, salah satunya adalah pesta kantor atau lebih beken disebut office party.

Mendengar kata party atau pesta, pasti yang langsung terbayang dalam benak adalah acara yang semarak dengan alunan musik terkini, kanape, dan barisan minuman yang sebagian besar mengandung alkohol, wine, dan sebagainya.

Dikarenakan undangan yang hadir tentunya adalah para rekan kerja, atasan, dan bahkan segelintir klien pilihan. Maka aturan utama yang mesti Anda terapkan adalah jangan kebablasan mengekspresikan diri, seolah sedang asyik berpesta dengan sahabat.

Lalu apa yang sepantasnya dilakukan seorang karyawan di pesta kantor, agar jangan terlihat terlalu kaku, tapi juga jangan sampai menurunkan martabat Anda? Supaya tidak salah bersikap, simak tiga berikut ini seperti yang dikutip dari SHAPE;

Busana

Pesta kantor adalah pesta setengah resmi. Jadi, kenakanlah busana kasual yang sopan dan tidak terlalu sensual atau terbuka. Rok pensil gelap dan blus cantik berwarna cerah, atau celana pantalon ringan dan blus tanpa lengan yang sopan, bisa menjadi pilihan yang pas.

Topik percakapan

Untuk para perempuan lajang, ingat yah pesta kantor bukan ajang cari jodoh. Jadi, hindari keinginan flirting atau tiba-tiba curhat saat semua orang menikmati pesta. Pilihlah tema pembicaraan yang aman untuk berbincang, seperti misalnya seputar hobi, film yang sedang main bioskop, dan sebagainya. Hal penting lain, jangan membuka obrolan yang sifatnya bergunjing, apalagi saat  sedang menyesap minuman yang berpotensi membuat Anda tidak terlalu sadar, dengan apa yang Anda utarakan.

Tidak perlu ajak suami atau kekasih

Mengenai hal ini, sebelum menyertakan suami atau kekasih, coba lakukan ‘investigasi’ kecil-kecilan dengan bertanya kepada sesama rekan kerja, apakah mereka mengajak pasangan. Bila mayoritas menjawab tidak, disarankan untuk mengikuti suara terbanyak. Intinya, salah satu tujuan dari diselenggarakannya pesta kantor adalah untuk memperat komunikasi serta memberikan pengalaman menyenangkan bagi karyawan, jadi jangan sampai ketika kolega lainnya asyik menikmati acara, Anda malah sibuk ngobrol berdua dengan pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com