Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerjaan yang Bikin Stres Lebih Baik dari Menganggur?

Kompas.com - 13/12/2013, 09:32 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis



Kompas.com -
Anda mungkin merasa pekerjaan yang sekarang (dengan atasan yang menyebalkan, ratusan email yang harus dijawab, dan ritual bangun pagi agar tak terlambat) membuat kebahagiaan hidup berkurang. Tapi, mungkin itu jauh lebih baik ketimbang jadi pengangguran.

Tak punya pekerjaan dalam waktu lama berdampak serius pada kesehatan. Anda jadi lebih cepat menua dan meningkatkan risiko terkena penyakit yang terkait dengan usia.

Kesimpulan tersebut dihasilkan para peneliti dari Finlandia setelah menganalisa DNA lebih dari 5.600 orang yang lahir tahun 1966. Kemudian 13 tahun kemudian ditemukan bahwa mereka yang menganggur minimal selama dua tahun, memiliki telomere yang lebih pendek.

Apa kaitan antara telomer dengan usia? Sangat banyak. Telomere adalah pelindung yang berada di ujung kromosom dan akan memendek sepanjang usia. Jika mereka memendek, maka risiko terkena penyakit yang terkait usia, seperti diabetes dan penyakit jantung akan meningkat.

Stres yang kita rasakan akibat kondisi menganggur akan meningkatkan kadar hormon stres, kortisol, yang akan memperpendek telomere.

Penelitian lain pernah menemukan bahwa terlalu banyak bekerja juga bisa berdampak buruk pada DNA, tetapi hanya sedikit.

Sebenarnya kita bisa menjaga agar telomere tetap dalam panjang yang normal, antara lain dengan menghindari rokok, menjaga berat badan ideal, dan aktif bergerak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com