Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cerdas Menjadi Cantik Tanpa Menjadi Bangkrut!

Kompas.com - 13/12/2013, 15:07 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com – Mempercantik penampilan diri sendiri membutuhkan banyak pengorbanan, baik itu dalam sisi waktu hingga biaya. Akan tetapi, sebenarnya Anda bisa kok menghemat pengeluaran perawatan kecantikan. Berikut beberapa cara penghematan yang mudah untuk dipraktekkan.

Mewarnai rambut sendiri

Dibandingkan perawatan kecantikan lainnya, biaya pewarnaan rambut bisa dibilang cukup mahal. Padahal, jika Anda mau, untuk menghemat pengeluaran ritual ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Membeli cat rambut di pasar swalayan terdekat tidak menuntut pengeluaran yang terlalu tinggi. Untuk mengaplikasikan warna rambut dengan metode sederhana, sebenarnya juga tidak membutuhkan banyak waktu. Jika rambut Anda panjang, bisa minta bantuan dari seorang teman atau si mbok di rumah.

Memilih gaya rambut yang mudah untuk dirawat

Rambut pendek tidak kalah gaya dengan rambut medium atau panjang, malah keuntungannya semakin pendek rambut Anda semakin hemat biaya perawatannya. Selain itu, waktu yang dibutuhkan pun terbilang singkat, karena penataannya lebih simpel. Agar tidak terlihat maskulin, bisa diakali dengan pilihan busana yang lebih feminin dan anggun.

Pergi ke salon akademi kecantikan untuk alternatif perawatan yang lebih terjangkau

Daripada pergi ke salon ternama, tidak ada salahnya untuk menjajal salon akademi yang didedikasikan pemilik salon untuk lulusan terbaik mereka. Umumnya, tipe salon ini menawarkan biaya yang terjangkau, tetapi kualitas yang diberikan juga tidak buruk. Walaupun, keterampilan penata rambut belum semahir mereka yang telah berpengalaman. Jika ingin berkunjung ke salon akademi, disarankan untuk memilih perawatan yang aman, seperti creambath, blow dry hair, padicure dan manicure standar.

Membeli dalam jumlah besar

Jika ingin menghemat pengeluaran disarankan untuk membelinya di tempat grosir, karena semakin banyak jumlah produk yang Anda beli, penjual akan memberikan harga yang lebih murah. Cara ini bisa Anda jadikan alternatif saat sedang mengencangkan ikat pinggang terhadap pengeluaran Anda. Karena, produk kecantikan memiliki tenggat kadaluarsa yang lama, minimal dua tahun. Jadi, meskipun jumlah pembelian banyak tapi dapat Anda simpan untuk digunakan saat produk yang dipakai telah habis.

Membeli produk diskon

Anda semua tentu ingin memiliki sejumlah produk kecantikan dari merek ternama untuk dikoleksi dan digunakan sesekali. Namun, karena harganya yang mahal membuat Anda harus menabung beberapa bulan atau bahkan menunggu diskon untuk membelinya. Ya, pilihan membelinya di musim diskon adalah cara bijak untuk menghemat biaya belanja bulanan.

Belilah parfum yang bebas alkohol

Parfum yang mengandung alkohol, memiliki aroma yang lebih cepat menguap daripada yang masih mengandung bibit parfum. Maka dari itu, kenapa Anda tidak mencoba untuk membeli parfum tanpa kandungan alkohol sehingga aroma wangi yang dihasilkan bisa bertahan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com