Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Jatuh Cinta, Suara Perempuan Naik Satu Oktaf

Kompas.com - 13/12/2013, 18:41 WIB

KOMPAS.com –  Ingin selalu terlihat cantik dan menyenangkan merupakan dua “sinyal” dari sejumlah sikap perempuan yang tengah jatuh cinta. Selain lebih perhatian pada penampilan, ternyata ketika hati perempuan tengah berbunga-bunga, terjadi perubahan fisik yang menarik.

Sebuah penelitian yang dihelat di Leiden University, Belanda, oleh Dr. Henk van Steenbergen sebagai asisten profesor mengungkap, setidaknya terdapat sembilan kejanggalan yang terjadi pada perempuan saat mereka jatuh cinta. Beberapa di antaranya mudah terlihat secara fisik, misalnya wajah yang malu-malu saat berdekatan, atau sering menggulung rambut dengan jari ketika sedang berbicara dengan pria idamannya.

Namun, temuan Dr. Henk lainnya terbilang cukup menggelitik untuk disimak. Seperti yang dikutip dari Huffington Post, ternyata ketika jatuh cinta perempuan cenderung berbicara dengan nada yang lebih tinggi kepada pria yang menarik perhatiannya. Apakah ini dikarenakan mereka terlalu bersemangat saat bercengkrama bersama pria impian.

Para peneliti menjelaskan, karena ingin menunjukkan rasa sayang dan kebersamaan, perempuan cenderung meniru atau mencocokkan gaya bicaranya dengan nada bicara lelaki incarannya.

Selain suara,  menurut Dr. Henk "kejanggalan" lain yang terjadi pada perempuan saat berdekatan dengan lelaki yang membuatnya luluh dan penuh kasih sayang adalah ukuran pupil mata yang membesar!  Hasil penelitian menjelaskan terjadinya pelebaran pupil mata, merupakan hasil korelasi dengan keadaan emosional dalam hati perempuan yang menguat.

Fakta ini kian menangguhkan istilah yang mengatakan bahwa mata merupakan jendela jiwa manusia. Dari sana, orang lain bisa mengira-ngira apakah si pemilik mata indah tersebut tengah bersedih atau berbahagia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com