Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2013, 11:57 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber idiva
KOMPAS.com - Kelahiran si kecil memang jadi masa yang menyenangkan. Namun, tugas selanjutnya, mulai menyusui dan mengurus segala sesuatunya untuk si kecil bisa jadi cukup berat bagi ibu baru. Jika kebetulan sahabat atau keluarga Anda baru saja menjadi ibu, maka ada beberapa benda berguna yang bisa dijadikan kado untuk mereka. Ini juga bisa lho, jadi kado Natal yang berguna untu ibu baru yang merayakan Natal.

1. Bra untuk menyusui
Bra biasa pasti kurang nyaman dan merepotkan saat digunakan untuk menyusui si kecil. Nursing bra atau bra untuk menyusui memiliki banyak keunggulan untuk memudahkan proses menyusui. Selain lebih nyaman, bra ini biasanya dilengkapi dengan kaitan (hook) di bagian depan agar ibu tak kesulitan untuk membuka bra saat harus menyusui bayi.

2. Breast pads
ASI ibu menyusui seringkali "tumpah" atau menetes saat masih menggunakan pakaian. Kalau sudah begini, bisa nembus ke pakaian dan bisa-bisa terlihat banyak orang. Untuk mencegah terjadinya hal ini, breast pads bisa menjadi sahabat banyak ibu menyusui. Lapisannya yang cukup tebal akan membantu mencegah ASI menembus pakaian.

3. Breast pump
Breast pump adalah salah satu andalan ibu menyusui. Breast pump bisa digunakan untuk memompa air susu dan menyimpannya dalam lemari es khusus penyimpanan ASI. Pompa ini juga memungkinkan para ibu memiliki stok ASI.

4. Krim puting
Saat menyusui, puting biasanya terasa sakit dan perih. Untuk meredakan rasa sakit ini, Anda bisa memberikan ibu baru sebuah krim puting yang aman untuk ibu dan bayi.

5. Bantal bayi
Masalah yang sering muncul saat menyusui adalah kepala bayi yang sulit diatur. Sebuah bantal bayi khusus bisa membantu kepala bayi tetap pada posisi menyusu.

6. Baju menyusui
Selain bra, Anda juga bisa memberi mereka kado berupa gaun dan pakaian yang bisa memudahkannya menyusui. Pilih gaun atau kemeja dengan kancing di bagian depan agar lebih mudah dibuka saat ingin menyusui.

7. Celemek liur
Beberapa benda-benda lucu untuk bayi seperti celemek liur bisa diberikan kepada keponakan Anda yang lucu. Celemek ini berguna untuk membersihkan sisa ASI mulutnya agar tak mengotori pakaiannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com