Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2013, 10:13 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com – Menghadapi suami yang posesif bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan. Kalau terus dibiarkan hubungan rumahtangga  jelas bakal terancam. Lalu, Apa yang sebaiknya harus dilakukan para istri yang memiliki suami dengan sifat mengekang tersebut?

Untuk menghadapi suami yang posesif, coba terapkan sikap-sikap berikut :

Meminta kelapangan ruang untuk privasi

Jika Anda sudah tidak kuat dengan perilaku suami yang terlalu posesif pada Anda, ungkapkan secara baik-baik, dari hati ke hati, manfaatkan kelembutan seorang perempuan saat menyampaikan kepadanya untuk memberikan ruang untuk Anda. Katakan bahwa dia mencintai Anda, seharusnya ia percaya bahwa Anda tak mungkin mengkhianati komitmen pernikahan yang diucapkan bersama dahulu.

Mengenalkan teman-teman kepada suami

Mungkin salah satu tabiat suami yang suka melarang Anda pergi-pergi dikarenakan dirinya kurang mengenal siapa teman-teman Anda. Mungkin ketika suami tahu bahwa tempat dan lingkungan pergaulan Anda memberikan pengaruh positif, dirinya perlahan mengurangi menurunkan sifat curiga dan cemburuannya tersebut.

Coba untuk saling menghargai

Rasa saling menghargai privasi masing-masing dapat mengurangi rasa tidak aman dan kecemburuan berlebihan dan tidak beralasan suami.

Kontrol emosi Anda

Mungkin Anda sudah tidak tahan menghadapi suami yang posesif, tapi yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang dalam situasi apa pun. Melontarkan argumen yang tajam dan memojokkan memperburuk situasi. Jadi berusahalah untuk tetap tenang dan mencoba untuk menjelaskan hal-hal dalam nada yang menyenangkan.

Meminta saran dari konsultan pernikahan

Setelah Anda mencoba komunikasi baik-baik, tetapi suami masih tak mendengarkan dan terus bersikeras dengan sikap yang luar biasa cemburuannya. Jika kondisinya seperti ini, sebaiknya Anda coba berkonsultasi dengan pakar pernikahan, baik ke psikolog atau pemuka agama sesuai keyakinan masing-masing. Sebelum melakukan langkah ini, sangat disarankan terlebih dahulu untuk coba tukar pikiran dengan orangtua dan sahabat dekat, mungkin mereka memiliki jalan keluar yang lebih menenangkan.  

Berikan waktu

Setelah mengatakan apa yang Anda rasakan terhadap sikap suami yang terlalu posesif, setelah itu berikan waktu untuk suami berpikir. Hal ini memungkinkan suami mengintropeksi tentang sikapnya dan seiring dengan itu jangan lupa untuk berdoa agar rumahtangga Anda berjalan damai dan selalu saling mencintai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com