Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pasif, Tunjukkan Diri Anda Layak Dapat Promosi

Kompas.com - 19/12/2013, 10:58 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

KOMPAS.com — Sudah bekerja bertahun-tahun di kantor sekarang, tetapi tawaran promosi tak pernah mampir kepada Anda? Memang tak mudah untuk mendapatkan promosi karena dibutuhkan sederet prestasi kerja. Jika Anda ingin dilihat dan merasa pantas mendapatkan promosi, coba lakukan langkah berikut.

Jangan menunggu diminta

Ambil inisiatif dan lakukan hal-hal kecil yang berdampak untuk tim meski tidak diminta. Sikap ini akan membuat atasan melihat Anda sebagai orang yang proaktif.

Jangan tutup mulut

Sebuah rapat adalah tempat untuk Anda menyampaikan ide-ide terbaik Anda. Karena itu manfaatkan kesempatan ini untuk aktif menunjukkan diri. Agar ide tersebut bisa diingat dan diterima orang lain, sebaiknya Anda menguasai teknik komunikasi yang baik. Percuma pintar dan memiliki banyak ide jika Anda tak bisa menyampaikannya secara jelas.

Jaga hubungan baik dengan kolega

Reputasi baik dibangun tidak dalam waktu singkat tetapi secara perlahan dan dimulai dari langkah kecil. Anda bisa mulainya dengan memperhatikan penampilan agar sesuai dengan jabatan dan citra perusahaan. Selain itu jangan segan untuk berbagi ilmu kepada rekan sekerja lainnya sehingga keberhasilan tim lebih cepat dicapai. Selain pada rekan satu departemen, sikap sopan dan ramah dengan rekan dari divisi lain atau bahkan dengan kurir dan office boy akan membangun reputasi Anda sebagai orang yang menyenangkan.

Perdalam ilmu

Jangan pernah berpuas diri dengan ilmu yang sekarang dimiliki. Selalu segarkan diri dengan pengetahuan yang baru, bisa dengan mengikuti kursus, pelatihan, membaca, atau mengikuti komunitas yang berkaitan dengan karier. Menambah ilmu akan membuat Anda selangkah di depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com