Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2013, 17:10 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Belanja memang menjadi salah satu kesukaan para perempuan. Tetapi sayangnya setelah menikah aktivitas ini menjadi salah satu hal yang sering disembunyikan dari pasangan.

Menyembunyikan tagihan belanja atau tidak jujur mengenai harga barang yang dibeli adalah salah satu hal yang kerap dilakukan karena takut atau malu jika suami mengetahui Anda menghamburkan uang untuk berbelanja.

Sebenarnya bukan cuma wanita yang kerap menyembunyikan hasil belanjanya. Para pria juga, tapi jenis barangnya yang berbeda.

Wanita umumnya menyembunyikan pakaian atau aksesoris yang mereka beli. Sementara para pria umumnya tidak terbuka mengenai uang yang mereka habiskan untuk makan di restoran atau ke bar.

Namun sikap tidak jujur tersebut sebaiknya dihentikan. "Berbelanja sembunyi-sembunyi atau tidak jujur tentang uang yang sudah dikeluarkan adalah indikator besar adanya masalah kepercayaan dalam perkawinan," kata Ian Kerner, pakar hubungan dan penulis buku Passionista.

Kalau mau jujur, sebenarnya apa ketakutan terbesar kita jika bersikap transparan mengenai kegiatan belanja tersebut? Apakah suami adalah orang yang memegang kontrol dalam perkawinan dan keuangan? Apakah Anda punya masalah dengan sifat kompulsif dalam belanja?

"Kita bisa belajar untuk berkomunikasi efektif dengan pasangan, tidak hanya dalam soal uang tapi juga hal lain yang berkaitan dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan," katanya.

Kerner juga menyarankan agar Anda dan pasangan bersama-sama merancang pengaturan keuangan dan membuat pos belanja khusus untuk kebutuhan pribadi atau hobi.

"Jangan lupa untuk membuat kesepakatan jika suatu kali ingin membeli barang yang harganya di atas anggaran maka akan didiskusikan dulu sebelum menggesek kartu kredit," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com