Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2013, 11:49 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com — Peran seorang wanita yang berkaitan dengan kodratnya sebagai ibu memang tak mudah. Melahirkan, menyusui, merawat, dan membesarkan anak-anak adalah sesuatu yang penuh tantangan, bahkan melelahkan. Meski begitu, rasanya tak ada satu ibu yang mau menukar peran ini dengan hal lain di dunia.

Ini alasannya:

1. Peluk dan ciuman
Adakah yang lebih manis selain mendapat pelukan dan ciuman hangat dari anak-anak kita. Pelukan sayang dari anak-anak adalah hadiah terbesar yang menunjukkan mereka mencintai dan menghargai kita, ibunya.

2. Bahagia
Semakin kita dewasa, yang kita rasakan adalah kecemasan menghadapi hari esok dan masa depan. Kita lupa apa rasanya merasakan saat ini dan kini. Kepolosan anak-anak akan membantu kita hadir saat ini. Amati bagaimana mereka bisa merasa bahagia karena hal-hal sesederhana melihat tukang es krim yang berhenti di depan rumah. "Pelajaran" ini akan membawa kebahagiaan lebih dalam hidup kita.

3. Tak pernah kesepian
Setelah memiliki anak, rasanya berkumpul bareng teman di kafe atau backpacker ke Himalaya mulai terlihat tak menarik. Sebagai ibu, kita akan lebih suka berada bersama anak-anak. Rumah menjadi satu-satunya tempat yang paling menyenangkan.

4. Menjadi lebih baik
Hampir setiap orang yang sudah menjadi orangtua mengatakan, mereka bertekad ingin menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Tak ada yang meminta Anda untuk berubah, tetapi hanya dengan melihat senyum tulus si kecil Anda sudah langsung termotivasi untuk menjadi orangtua yang baik bagi mereka. Kita berusaha menjadi orang lebih sabar, jujur, dan rela bekerja keras, semua demi si buah hati.

5. Membesarkan orang-orang baik
Tak ada yang lebih membahagiakan selain melihat dua bocah kecil yang lucu bertumbuh menjadi orang dewasa yang cerdas, penuh kasih, dan berani. Orangtua yang sudah memiliki anak-anak yang telah dewasa umumnya mengatakan, yang paling membuat mereka bahagia pada masa tua adalah melihat kebijaksanaan dan saran yang mereka berikan terpancar dari sikap dan tindakan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com