Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... Ternyata Pria Zaman Sekarang Sadar Penampilan

Kompas.com - 24/12/2013, 16:13 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Beberapa tahun yang lalu sempat merebak tren pria metroseksual, yang merupakan sebutan khusus untuk pria yang mawas akan penampilan dirinya, mereka juga tak malu mengaku kerap mengunjungi salon demi menjaga kebersihan dan penampilannya.

Mantan pesepak bola David Beckham, bisa dibilang sebagai trendsetter dari tren pria doyan dandan tersebut. Melihat penampilan David yang maksimal, rasanya terlalu mustahil untuk memercayai bahwa dirinya merawat dan mempertahankan ketampanannya seorang diri, maksudnya tanpa bantuan penata rias dan rambut dari salon terkemuka.

Seiring dengan waktu, melalui pelbagai peristiwa yang terjadi di dunia atau negeri sendiri, tren ini pun mereda dan menjadi lazim, sehingga tak lagi menarik perhatian publik. Ternyata meskipun begitu, bukan berarti pria zaman sekarang beralih cuek dengan penampilan mereka, dugaan itu salah besar.

Menurut survei yang dilakukan oleh majalah Glamour terbitan Inggris, diketahui bahwa kini sebenarnya pria semakin peduli dengan penampilannya dan kondisi ini tidak berbatas pada pria yang gemar berbusana trendi saja. Ternyata pria-pria yang tidak peduli dengan tren fesyen sekali pun mengaku sangat peduli terhadap bagaimana orang lain menilai penampilan mereka secara fisik.

Untuk mengetahui lebih lanjut, majalah Glamour memelajari 100 pria Inggris pada survei mengenai seberapa pentingkah penampilan untuk kaum pria? Lewat survei ini, terangkum beberapa fakta yang menarik untuk disimak.

Ternyata, tinggi tubuh masih menjadi kekhawatiran utama pria, bahkan 46 persen partisipan mengaku iri kepada pria yang lebih tinggi dari mereka. Sekitar 26 persen mengatakan pria maskulin dan lebih berotot bisa menjatuhkan rasa percaya diri mereka. Kemudian, 20 persen lainnya diketahui sering mengikuti gaya berbusana pria lain yang dikagumi oleh  banyak perempuan. Hanya 8 persen yang mengkhawatirkan kondisi rambut mereka.

Saat pria berada di gym, sebanyak 60 persen mengaku ketika mereka sedang berolahraga, seringkali secara sembunyi-sembunyi memerhatikan bagaimana wanita mengagumi bentuk tubuh member pria lainnya, menurut mereka hal yang demikian dapat memompa semangat berolahraga.

Mungkin terdengar sangat lumrah saat melihat wanita memeriksa penampilannya di depan kaca. Tapi, bagaimana jika ritual tersebut dilakukan oleh pria? Sebab sebanyak 29 persen partisipan menyebutkan bahwa sebelum keluar rumah dan berangkat kerja, sekurang-kurangnya mereka berkaca sebanyak dua kali. Lalu, 22 persen lainnya mengatakan hanya sekali saja dan itu pun ketika menyisir rambut di kamar mandi. Kemudian 49 persen partisipan pria mengaku mereka berkaca dengan apa pun yang dapat memantulkan bayangan, entah itu pintu lift, kaca mobil, kaca gedung, bahkan pada pintu kendaraan umum sekalipun.

Intinya, pria di era sekarang ini merasa perlu untuk memeriksa bagaimana penampilan mereka dari waktu ke waktu!

Kepada wanita, bagaimana pendapat kalian mengenai fenomena pria-pria "genit" seperti yang dijelaskan oleh hasil survei tersebut di atas? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com