Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2013, 19:01 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com - Liburan sudah tiba, tiket menuju destinasi pun sudah aman di tangan. Tinggal sekarang, mengakali bagaimana mengemas semua keperluan selama liburan dengan cerdas, agar tidak ada barang yang tertinggal satu pun.

Selain baju dan sandal cantik, perlengkapan kosmetika sudah pasti tak boleh ketinggalan, karena jangan sampai waktu berlibur jadi rusak hanya karena wajah Anda terlalu natural hingga terlihat pucat.  Anda pasti juga ingin terlihat modis dan cantik kan selama berlibur.

Hanya saja masalahnya, sudah bukan rahasia lagi bahwa “perkakas” kosmetika perempuan itu tidak sedikit. Terkadang untuk mengemas seluruh kosmetik dalam satu tas saja menjadi tantangan tersendiri. Tapi Anda tak perlu khawatir, agar liburan berjalan tanpa kendala, berikut kami persembahkan panduan untuk mengemas seluruh baju dan peralatan kosmetika yang tepat.

1. Perhatikan ukuran tas kosmetik                                  

Idealnya, tas kosmetik harus berukuran kecil supaya muat dalam tas. Pisahkan jenis kosmetik yang pasti akan digunakan selama perjalanan dan yang digunakan hanya sesekali saja. Tempatkan kosmetik yang penting seperti pelembab bibir, kertas minyak, bedak, pensil alis dan lipstik pada tas pegangan Anda. Lalu sisanya simpanlah dalam koper besar yang akan masuk bagasi.

2. Sederhanakan jumlah kosmetik

Ingat, Anda hanya berlibur selama beberapa hari saja, jadi bukan akan bermukim di lain kota atau negara. Maka, tak perlu membawa semua perlengkapan kosmetik beserta kuas untuk ikut berlibur dengan Anda. Seleksi produk kosmetik yang sekiranya akan dikenakan sehari-hari, misalnya maskara, pelembab, blush-on, lipstik, bedak. Cara ini juga akan membantu kulit Anda agar bisa beristirahat dari pulasan kosmetik yang berat sepanjang hari.

3. Pilih gaya natural

Bila rutinitas berdandan paling lama adalah saat menata rambut Anda, maka sebaiknya saat liburan, biarkan rambut Anda terurai natural. Jika tidak percaya diri, maka sebelum berlibur berikan perawatan semi permanen pada rambut, sehingga tidak merepotkan saat berlibur.

Tujuannya agar koper dan barang bawaan saat liburan lebih ringkas, atau bila hotel pilihan telah menyediakan alat pengering rambut, maka tinggalkan saja yang Anda miliki di rumah.

4. Sesuaikan ukuran kemasan produk

Sekalipun sedang berlibur, tak berarti Anda tetap melakukan ritual krimbat sendiri seperti lazimnya kala berada di rumah kan? Nah, nikmatilah waktu berlibur Anda dengan maksimal tanpa dipusingkan dengan perawatan kecantikan yang menyita waktu serta tempat penyimpanan dalam koper.

5. Tak perlu bawa benda tajam

Benda tajam yang biasa menjadi bagian dari peralatan kecantikan perempuan adalah gunting kuku dan peralatan menikur lainnya. Jika Anda ingin pergi beberapa hari atau katakana lah seminggu, sebaiknya lakukan menikur terlebih dulu di salon langganan. Selain itu, Anda tentu tau bahwa ada aturan di beberapa negara yang tidak mengizinkan tamu dari luar negri membawa benda tajam seperti pinset, gunting, pisau cukur atau kikir kuku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com