Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2013, 16:59 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu godaan terbesar saat musim liburan adalah menghindari makanan yang nikmat namun berlemak. Kalau tidak dimakan, tidak enak pada orang yang sudah menyediakan, tapi jika dimakan khawatir dengan jarum timbangan yang bertambah.

Agar lemak tak makin menumpuk, gula darah tak melonjak, dan tubuh juga tetap sehat setelah liburan, maka lakukan saja sedikit detoks tubuh. Caranya mudah dan tak menyiksa kok!

1. Lupakan kopi
Jika Anda termasuk orang yang rutin minum kopi saat pagi hari, maka ada baiknya untuk mulai mengurangi minum kopi setelah makan banyak pascaliburan. Anda mungkin hanya berpikir bahwa sentakan kafein dari kopi hanya berfungsi untuk membantu Anda terbangun dan bersemangat. Hanya saja, bukan hanya itu tugas kopi. Kopi juga bertugas untuk membuat Anda semakin ingin mendapatkan asupan karbohidrat dan gula yang lebih tinggi sepanjang hari. Sebaiknya ganti kopi ini dengan secangkir teh hijau.  

2. Perbanyak minum
Detoks bisa dilakukan dengan minum lebih banyak air. Kuncinya adalah untuk menghindari dehidrasi. Fokuslah untuk minum sekitar 6-8 gelas per hari. Anda juga bisa menambahkan lemon atau irisan jeruk sebagai vitamin C untuk membakar lemak dan mengurangi peradangan kulit.

3. Perbanyak serat
Setelah memanjakan perut dengan aneka makanan manis dan lezat, Anda perlu mengembalikan sistem pencernaan ke jalur normal. Dan makanan berserat akan membantu Anda. Mulailah dengan sarapan yang tinggi serat, seperti oatmeal, perbanyak buah dan sayur.

4. Hindari gula
Tidak ada cara yang bisa membantu Anda pulih lebih cepat dari "serangan makanan manis" daripada menghindarinya sementara waktu. Agar tak terlalu bosan (karena saat tahun baru akan ada pesta makanan periode kedua) maka lewatkan makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Pilih sayuran, buah dan biji-bijian yang lebih sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com