Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2014, 15:59 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Tak banyak perempuan yang menyukai dengan rambut keriting alamiah mereka, hal ini mungkin dikarenakan jenis rambut ini sulit diatur dan menatanya pun membutuhkan banyak waktu. Bahkan, tidak sedikit perempuan yang akhirnya memilih untuk meluruskan rambut ikal mereka, dengan alasan agar lebih praktis dan tidak merepotkan.

Seperti dikutip dari majalah CHIC, kunci untuk membuat rambut ikal tetap menarik, sehat dan mudah diatur adalah dengan menjaga kelembabannya. Langkah paling standar adalah dengan memilih sampo dan kondisioner khusus yang diformulasikan untuk rambut keriting atau ikal.

Dengan pilihan produk perawatan rambut yang tepat, persoalan selanjutnya yakni menatanya pun pastinya akan jauh lebih mudah. Langkah selanjutnya, jangan pernah meninggalkan kondisioner setiap kali keramas. Tetapi ingat, jangan buru-buru dibilas, sebaiknya diamkan dulu selama 15 menit agar pelembab pada kondisioner benar-benar meresap ke kutikula batang rambut. jangan lupa untuk merapikan ujung-ujung rambut setiap dua atau tiga bulan sekali, supaya rambut tak mudah kusut dan modelnya tetap terjaga.

Jika ingin menggunakan blow-dry atau alat styling listrik lainnya, jangan lupa selalu melapisi batang rambut dengan pelembab rambut tanpa bilas. Lanjutkan dengan styling gel atau mousse sebelum dikeringkan, namun hindari produk yang berbahan dasar alkohol.

Terakhir atur hairdryer pada suhu terendah, atau pilih saja hairdryer berteknologi ion atau nano. Pengering rambut ini bisa membantu proses pengeringan sekaligus melembabkan rambut dengan cepat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com