Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2014, 09:30 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Di awal tahun, merek busana muslim Up2Date kembali menggelar peragaan busana muslim tahunan yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2014 ini.

Masih mengusung gaya busana modern, elegan namun tetap santun, Up2Date memilih tema Ingenius. Ingenius ini dibangun dari tiga unsur kata yaitu in yang berarti terkini, genius yang berarti cerdas, dan gorgeous yang berarti menganggumkan, orisinal dan kreatif.

Pagelaran kali ini menghadirkan 60 potong busana yang banyak dipengaruhi oleh gaya Jepang, khususnya origami. Unsur-unsur origami seperti melipat, menekuk dan mengikat, terlihat jelas mendominasi detail-detail busana koleksi ini.

Selain origami, gaya kimono yang sangat khas Jepang juga terlihat meramaikan parade busana ini dengan busana bersiluet Y. Namun, masih sama dengan koleksi-koleksi busana muslim sebelumnya, padu padannya busana muslim ini masih menggunakan teknik tumpuk.

Secara garis besar, 60 busana ini diterjemahkan menjadi tiga konsep gaya. Di sesi pertama, busananya bergaya effortless. Dalam sesi ini, outerwear atau luaran busana mendominasi koleksinya. Outerwear ini ditampilkan dengan gaya bertumpuk-tumpuk. Namun dengan penggunaan bahan yang ringan seperti linen, organsa dan jersey, maka busana tumpuk ini pun terlihat "jatuh" dan melambai cantik.

Di sesi kedua, gaya busana yang ditampilkan lebih menonjolkan teknik padu padan. Busana standar seperti kemeja, jaket, rompi, rok panjang, celana palazo hingga celana lebar dikreasikan menjadi paduan yang sempurna dengan potongan A simetris.

ARSELAN GANIN/UP2DATE para desainer Up2Date

Sedangkan di sesi ketiga lebih bertema explore. Di bagian ini, suasana Jepang sungguh terasa dibanding sesi sebelumnya. Busana-busana ini dieksplorasi menjadi beragam gaya dengan cara mengikat, menyilang, dan menyisipkan bahan sehingga terlihat apik. Sesi ini juga masih menghadirkan teknik tumpuk dengan outerwear berbahan ringan dengan siluet mirip kimono.

Warna-warna busana yang dihadirkan dalam koleksi terbaru ini kebanyakan berada dalam palet warna pastel yang kalem. Warna-warna green tea, krem, abu-abu pekat, coklat, dan peach banyak jadi pilihan. Koleksi ini juga dilengkapi penutup kepala yang unik dan praktis berbahan rileks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com