Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Konsentrasi Anak dengan Musik Klasik

Kompas.com - 13/01/2014, 09:28 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber parentdish

Kompas.com — Jika Anda ingin mencari alasan kuat untuk meminta anak berhenti mendengarkan lagu-lagu Lady Gaga atau One Direction, ini dia. Rutin mendengarkan musik klasik ternyata meningkatkan konsentrasi belajar.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London, terungkap anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

Dalam program ini sebanyak 4.500 anak-anak berusia 7-10 tahun diminta mendengarkan musik klasik seperti Beethoven dan Mozart selama 6 minggu. Pada awalnya mereka hanya diminta mendengar instrumen sederhana lalu lama kelamaan musik yang diperdengarkan semakin kompleks.

Berbagai studi memang menyebutkan manfaat musik klasik terhadap kemampuan otak. Para ahli mengatakan, musik klasik yang sepertinya rumit bagi telinga ini sebenarnya mudah diuraikan otak dan cepat disimpan.

Mendengarkan musik, apa pun jenisnya asalkan kita sukai juga diketahui akan mengurangi stres dan kecemasan.

Selain mendengarkan musik, belajar memainkan komposisi musik klasik juga memiliki manfaat bagi perkembangan otak anak.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Neuroscience menyebutkan, anak-anak kecil yang belajar memainkan musik klasik memiliki kemampuan visual sensorimotor lebih baik. Bahkan, manfaat tersebut akan terus dirasakan sampai mereka dewasa, meski pelajaran musik tersebut tidak dilanjutkan lagi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber parentdish
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com