Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pria Lebih Sukses Berdiet Dibanding Wanita?

Kompas.com - 17/01/2014, 10:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Tak cuma wanita yang ingin terlihat cantik dan menarik dengan tubuh yang langsing ideal, tetapi pria juga menginginkannya. Tak heran bila pria pun melakukan beragam cara, mulai dari rajin nge-gym sampai diet untuk membuat tubuhnya jadi berotot.

Meskipun sama-sama berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tahukah Anda bahwa menurut penelitian ternyata pria memiliki kemungkinan berhasil (dari usaha-usahanya untuk membentuk tubuh) lebih besar dibanding wanita. Penelitian ini dilakukan oleh perusahaan penyedia aplikasi diet di Inggris, Nutracheck.co.uk.

Tingkat kesuksesan diet yang lebih besar itu, antara lain, disebabkan karena pria cenderung lebih disiplin dalam menjaga pola makan mereka. Mereka juga memiliki tingkat penurunan lebih besar dibanding wanita. Persentase penurunannya 5,9 persen untuk pria, sedangkan untuk wanita (4,6 persen).

"Ini mungkin sedikit mengherankan karena ternyata pria berpotensi menang dalam pertarungan berat badan dibanding wanita. Penyebab lainnya adalah karena pria sebenarnya sudah berdiet tanpa disadari, hanya saja dietnya 'yoyo'. Sehingga, ketika mereka memiliki program diet, tubuh mereka sudah terlatih. Selain itu, saat diet mereka juga tidak memiliki beban emosional seperti yang dirasakan wanita," papar ahli gizi Nutracheck, Janet Aylott.

Kondisi fisiologis pria ternyata juga memberikan keuntungan tersendiri. Pria memiliki otot tubuh yang lebih besar dari wanita sehingga kemampuan pembakaran kalori jadi lebih besar dan membantu menurunkan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com