Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2014, 13:48 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis


Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com –
Menghias alis agar penampilan wajah terlihat lebih menarik memang tak mudah. Alis yang terlalu lebat membuat wajah terlihat kuno, sementara alis yang tipis akan memberikan efek galak atau judes.

Tak heran jika banyak wanita yang memilih melakukan sulam alis agar alis lebih rapi. Kendati begitu, tindakan sulam alis tak selamanya aman.

Salah satu faktor yang paling ditakutkan adalah infeksi kuman akibat penggunaan tinta dan peralatan yang tidak steril.

Selain itu sulam alis juga kemungkinan bisa menimbulkan alergi sehingga kulit menjadi gatal atau rasa terbakar. Pada kasus yang parah dapat mengakibatkan bekas luka yang permanen.

Seiring bertambahnya usia, kulit manusia cenderung mengerut. Untuk beberapa daerah wajah, seperti bibir, kulit akan mengering dan tampak menyusut. Sementara, bila sulam atau tato makeup diterapkan pada mata atau bibir, bisa menyebabkan kulit tertarik seakan seperti mengenakan topeng.

Bahaya lain dari melakukan sulam alis atau sulam bibir secara permanen adalah iritasi dan pembengkakan.

Karenanya sebelum melakukan tindakan tersebut, pastikan salon atau klinik kecantikan yang dituju memang higienis dan memiliki keterampilan untuk melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com