Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2014, 11:50 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pecinta seafood, udang adalah salah satu makanan yang sangat diminati. Selain rasanya enak, udang juga sangat mudah diolah menjadi aneka masakan. Hanya saja proses yang cukup sulit adalah saat harus mengupas kulitnya. Terkadang masih ada kulit yang tertinggal sehingga Anda kesulitan untuk mengupasnya. Sedangkan kalau tidak dikupas, rasa udangnya jadi kurang enak.

Begini trik mudah mengupas kulit udang.

1. Pastikan udang yang Anda pilih adalah udang segar. Carilah udang dengan kepala yang masih utuh, berwarna cerah dan mengilap. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda mengupas kulit utuh.

2. Tekan bagian kepala udang dari bawah ke atas. Kemudian patahkan, namun jangan sampai terlepas dari badannya. Gunakan jari-jari untuk memegang kepala dan mengupas kulit bagian atas. Kemudian lepas perlahan kulit transparan ini sampai bagian kakinya.

3. Bagian ekor adalah bagian yang terpisah dari kulit. Sehingga tak aneh kalau bagian ekornya tidak akan langsung terpotong. Pegang bagian ekornya kemudian remas perlahan dan patahkan ekornya. Jika ingin tampak lebih cantik, jangan patahkan ekornya. Namun, pastikan ekornya sudah dilebarkan.

4. Setelah kulit terlepas semua, maka belahlah punggung udang dan hilangkan serat hitam yang ada. Udang siap diolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com