Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obrolan Seks yang Patut Dibahas Bersama Suami

Kompas.com - 19/01/2014, 19:11 WIB

 

 

 

KOMPAS.com -  Pasangan suami-istri yang terbuka dalam mengomunikasikan soal seks, diklaim akan lebih dapat menikmati ritual bercinta dan langgeng dalam membina rumahtangga.

Teori tersebut disampaikan oleh Joseph Grenny, yang pernah melakukan studi terhadap sejumlah pasangan, lalu dituangkan pada buku Crucial Conversations. Menurut Grenny, percakapan seputar seks yang matang dan mendalam, akan membuat hubungan intim yang dijalani menjadi lebih baik.

Apa saja sih tema yang patut dibahas dengan suami? Baca terus! 

Batasan

Diskusikan lah batasan dan variasi gaya bercinta yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh suami. Apakah standar dan biasa saja, atau ingin lebih variatif dan akrobatik ala novel laris Fifty Shades of Grey.  Tidak ada salahnya mencoba hal baru, namun tetap harus ada aturan yagn sudah disepakati berdua, supaya masing-masing merasa nyaman saat waktu beraksi.

Terbuka

Terbuka akan "petualangan" baru. Biasanya pasutri muda seperti Anda, masih semangat mencoba gaya baru yang lebih menantang. Tetapi, jika Anda atau suami merasa keberatan melakukannya, namun sungkan untuk angkat bicara karena takut dianggap membosankan, segera halau pemikiran yang demikian. 

Selain itu, hal lain yang wajib didiskusikan mengenai permainan intimasi dengan suami adalah sebagai berikut;

- Disfungsi seks. Ketika gagal mencapai orgasme misalnya, ini patut diperbincangkan. Jangan diam saja dan enggan untuk membahasnya. Karena bagaimana pasangan tahu Anda tidak mencapai orgasme, dan begitu juga sebaliknya. Jika ada masalah dengan tempo gerakan yang terlalu cepat, bisa diminta lebih lambat atau fase pemanasan lebih lama.

- Keamanan. Mengetengahkan tema keamanan dalam bercinta akan membuat hubungan menjadi lebih baik. Apakah itu seputar penggunaan kontrasepsi atau perangkat alat bantu seks lainnya. Elaborasikan keinginan dan kekhawatiran yang Anda rasakan, aturan serupa juga berlaku kepada suami.

- Waktu dan mood. Kapan anda merasa waktu yang tepat untuk bercinta, katakan padanya secara terus terang. Lalu cari tahu juga kapan waktu bercinta terbaik versi suami. Membahas soal waktu dan mood bisa jadi perbincangan yang menarik untuk digali lebih jauh. Tujuannya untuk menimbulkan rasa nyaman, setiap saat Anda dan dia melakukannya akan menjadi lebih menyenangkan.

-  Berikan saran. Saat bersenda gurau dengan suami, lewat obrolan santai, cobalah cari tahu apa yang ada dalam pikirannya saat sedang melakukan hubungan intim. Apakah suami memiliki saran mengenai apa yang harus dan baiknya Anda lakukan. Percayalah, komunikasi dua arah akan menjaga gelora dan gairah bercinta Anda berdua. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WomansDay
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com