Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2014, 09:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber FitSugar
KOMPAS.com - Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga juga dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk merampingkan tubuh. Sayangnya ternyata masih sedikit yang tahu bahwa tidak semua olahraga itu bisa membantu penurunan berat badan anda dengan maksimal. Masing-masing olahraga yang dilakukan memiliki manfaat dan juga "sasaran" yang berbeda-beda.

Jika ingin lebih efektif menurunkan berat badan, maka ada beberapa olahraga yang seharusnya Anda lakukan.

1. Kardio interval
Kardio adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Namun sebaiknya pilihlah kardio interval misalnya dengan lari sprint dalam jarak dekat kemudian dilanjutkan dengan latihan aerobik lainnya. Hal ini akan membantu otot untuk membakar lebih banyak kalori.

2. Angkat beban
Cara terbaik untuk  membentuk otot adalah dengan berlatih angkat beban. "Ketika melakukan angkat beban, kalori yang terbakar tidaklah terlalu banyak. Namun, angkat beban ini adalah soal membentuk otot," ungkap pelatih olahraga, Tia Falcone. Menurutnya semua perempuan perlu memiliki sedikit otot di tubuhnya karena ini membuat tubuh lebih ramping. Selain itu ini juga akan membantu meningkatkan metabolisme dengan permanen.

3. Olahraga pagi
Berolahraga memang bisa dilakukan kapan saja. Namun rupanya, penelitian membuktikan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari ternyata mampu membakar kalori lebih banyak selama latihan dibanding waktu lainnya.

Bisa jadi hal ini disebabkan karena Anda memiliki lebih banyak energi di pagi hari. Sore atau malam hari kemungkinan besar, energi Anda sudah terkuras untuk bekerja atau aktivitas lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com