Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2014, 11:07 WIB

Kompas.com - Ukuran pori-pori tak bisa dikecilkan, namun ada banyak cara menyamarkan. Kuncinya? Kurangi minyak dan hilangkan tumpukan sel kulit mati.

Usia 20-an
Produksi minyak berlebihan di usia ini mampu menyumbat pori-pori. Bersihkan wajah dengan pembersih mengandung salicylc acid yang mampu membersihkan sumbatan kotoran di pori-pori dengan tuntas sehingga pori-pori ringkas dan jerawat pun tuntas. Seminggu dua kali gunakan scrub yang mengandung lumpur (mud) agar kulit bersih sempurna.

Usia 30-an
Regenerasi kulit mulai melambat dan sel kulit mati pun menumpuk di pori-pori. Pagi hari, sebelum tabir surya, gunakan lotion mengandung AHA untuk membersihkan tumpukan sel kulit mati sekaligus meregenerasi sel kulit. Saat malam hari pakai serum dengan AHA & pelembab untuk menghaluskan tekstur kulit karena pori-pori yang membesar cenderung membuat kulit kasar.

Usia 40-an
Produksi kolagen menurun dan elastisitas kulit pun jauh berkurang, hingga dinding pori-pori mengendur dan pori-pori nampak besar. Pagi dan malam hari pakai serum SK-II Stempower yang mengencangkan kulit dan membuat kulit kenyal hingga pori-pori terlihat mengecil. Seminggu dua kali pakai masker dengan asam glikolat agar pori-pori ringkas, tekstur kulit halus, dan warnanya lebih cerah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com