Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elvira Devinamira Terpilih sebagai Puteri Indonesia 2014

Kompas.com - 30/01/2014, 07:15 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com
— Setelah melewati lebih dari 10 hari masa karantina dan penilaian pada malam final, akhirnya Elvira Devinamira dari Jawa Timur terpilih sebagai Puteri Indonesia 2014. Namanya diumumkan pada malam final yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Malam final ini dibuka dengan tarian khas Sumatera Barat, diikuti dengan kemunculan 38 finalis yang menggunakan busana karya Raden Sirait. Setelah memperkenalkan diri dan daerah asalnya, proses penilaian pun dilanjutkan dengan memilih 10 besar Puteri Indonesia 2014.

Para juri di ajang pemilihan Puteri Indonesia ini adalah Dr Wartanto (Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal), Nadya Mulia, Fadli Zon, Titiek Soeharto, Johnny Dharmawan (Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor), Ririn Roy Suryo (istri Menpora), Kusumadewi Sutanto, Raline Shah, Petty Fatimah, Suryo Bambang Sulistyo (Ketua Kadin), dan Mega Angkasa (PR PT Mustika Ratu).

Kontestan yang berhasil masuk babak 10 besar adalah Sumatera Selatan, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta 2, Jawa Timur, Jambi, Papua, DKI Jakarta 5, Gorontalo, dan Sumatera Barat.

Dari 10 besar, peserta disusutkan lagi menjadi lima besar. Posisi ini ditempati oleh Jawa Tengah, DKI Jakarta 2, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Menyusul selanjutnya, para juri memutuskan untuk memilih Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta yang layak berada di posisi tiga besar.

Namun, pada akhirnya predikat Puteri Indonesia 2014 ini diberikan kepada Elvira Devinamira dari Jawa Timur. Sementara runner-up pertama yang menyandang gelar sebagai Puteri Lingkungan adalah perwakilan dari Sumatera Selatan, Elfin Pertiwi; dan runner-up kedua yang menyandang gelar Puteri Pariwisata adalah Estelita Liana dari DI Yogyakarta.

"Saya sangat senang dan bangga bisa terpilih. Semoga saya bisa mengemban tugas Puteri Indonesia dengan sebaik-baiknya. Keberhasilan Whulandary sebelumnya akan menjadi motivasi saya dalam menjalankan semua tugas sebagai Puteri Indonesia 2014," ungkap Elvira sesaat setelah seremoni kemenangannya.

Selanjutnya, Elvira akan ditugaskan untuk berkompetisi di Miss Universe 2014, Elfin (runner-up 1) akan berkompetisi di Miss International 2014, dan Estelita (runner-up 2) akan berkompetisi di Miss Supranational 2014.

Selain juara utama, malam final ini juga menobatkan beberapa puteri atribut, yaitu:
1. Puteri Intelegensia: Kalimantan Tengah (Srianna Sihombing), Sumatera Barat (Raisa Adila), dan DKI Jakarta 5 (Dini Marlien)
2. Puteri Berbakat: Sumatera Selatan, Elfin Pertiwi Rappa
3. Puteri Persahabatan: Sumatera Utara, Mega Tryanastasia Sembiring
4. Puteri Kepulauan Terfavorit Sumatera: Sumatera Barat, Raisa Adila Andomi
5. Puteri Kepulauan Terfavorit Jawa: DKI Jakarta 4, Ayeesha Thyzianza Jielda Prindhini
6. Puteri Kepulauan Terfavorit Kalimantan: Kalimantan Barat, Rizka Afriandhita Edmanda
7. Puteri Kepulauan Terfavorit Bali, Nusa Tenggara: NTT, Dyathra Silvana Baten
8. Puteri Kepulauan Terfavorit Sulawesi: Gorontalo, Vensca Veronica Tanus
9. Puteri Kepulauan Terfavorit Indonesia Timur: Maluku, Claudia Arfianna Djafaar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com