Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2014, 15:37 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Konsisten menjalankan pola makan yang sehat adalah kunci untuk mencapai target penurunan berat badan yang diinginkan. Namun memiliki disiplin tinggi pada diet bukan hal yang mudah.

Jika Anda termasuk sering berdiet, tentu Anda pernah menghadapi situasi-situasi yang mendatangkan dilema. Misalnya saja sudah makan tapi perut masih lapar, sulit menghindari makanan manis, dan masih banyak lagi.

Menurut pakar nutrisi Lauren Slayton, penulis buku The Little Book of Thin, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari dilema dan diet yang dilakukan tetap lancar.

1. Lapar menjelang sore
Bagi sebagian besar orang, godaan terbesar datang pada sore hari. "Pada waktu ini gula darah sudah turun dan kafein yang kita minum di pagi hari sudah hilang. Siang menjelang sore juga masa di mana kita mengantuk dan bosan. Karenanya keinginan untuk ngemil lebih tinggi," kata Slayton.

Trik untuk mengantisipasi kondisi tersebut adalah menghindari pantry agar kita tidak semakin tergoda untuk membuat kopi atau ngemil. Jika Anda sering lapar di sore hari, siapkan camilan yang tak terlalu tinggi kalori. Misalnya salad buah, mengunyah permen karet, yogurt low fat, atau kacang-kacangan.

2. Lingkungan teman hobi makan
Memang tak mudah menghindari asupan kalori jika hampir setiap hari selalu tersedia makanan lezat di kantor. Entah pizza dari teman yang berulang tahun, snack rapat yang manis, atau kiriman kue dari klien. Meski hari ini Anda sudah bisa konsisten tidak ikut mencomot, namun bagaimana dengan esok atau lusa?

Siasati rasa penasaran Anda dengan mengambil sepotong kecil camilan tersebut. Satu atau dua gigitan tentu tak akan bermasalah. Atau jika Anda tak ingin asupan kalori berantakan, saat makan malam perbanyak lebih banyak sayur ketimbang karbohidrat.

3. Tak punya perencanaan menu
Pulang ke rumah setelah bekerja selama 10 jam dan tak punya perencanaan menu makan malam bisa membuat Anda "kalap" saat di meja makan. Terlebih jika Anda terbiasa untuk beli makanan ketimbang masak.

Siasati dengan menyiapkan menu makan selama seminggu. Persiapkan di akhir pekan bahan-bahannya dan simpan di kulkas sehingga siap dimasak. Perbanyak makanan yang tinggi serat dan mengenyangkan. Misalnya oat, kacang merah, protein tanpa lemak, buah, dan sayuran lain.

4. Banyak undangan pesta
Undangan pesta dapat menjadi jebakan diet Anda. Tetapi ini bukan berarti Anda harus tersiksa menahan selera. Saat berada di pesta, pilihlah buah-buahan dan dessert terlebih dulu. Setelah itu minum segelas air putih, baru menuju stand makanan lainnya.

Untuk menu utama, ambilah dalam porsi kecil. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu berlemak seperti kambing guling atau sate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com