Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2014, 16:24 WIB

Kompas.com- Sebuah survei yang dilakukan di Inggris menunjukkan, hampir 90 persen wanita salah memakai ukuran bra. Padahal, ukuran yang tidak pas bisa membuat beban payudara tidak tertopang dengan baik sehingga menyebabkan sakit punggung, atau payudara tidak bisa bernapas.

Ukuran yang tepat akan membuat bra nyaman dikenakan. Berikut tips melakukan pengukuran payudara:

- Untuk mendapatkan ukuran lingkar badan yang tepat, ukur lingkar badan di bagian bawah payudara. Jika hasilnya ganjil, bulatkan ke angka genap di atasnya. Misalnya, 33 inci menjadi 34 inci.

- Ukur lingkar payudara dari punggung belakang hingga bagian atas puting. Selisih nilai lingkar dada dengan lingkar badan ini menentukan cup yang tepat (A,B,C, dan seterusnya).

- Setiap merek bra mempunya ukuran yang berbeda, sebaiknya mencoba langsung ketika hendak membelinya.

Ukuran bra salah, apabila:

- Coba angkat kedua tangan, apakah bra yang dikenakan tetap di lingkar dada? Atau malah ikut naik ke atas, sehingga ada bagian payudara yang menyembul dari bawah? Jika iya, ini tandanya ukuran bra tidak tepat. Coba gunakan satu ukuran di bawah yang biasa Anda pakai.

- Anda merasa sesak dan payudara tertekan? Ini tandanya ukuran cup tidak sesuai. Coba gunakan satu nomer di atas ukuran cup yang biasa dipakai, misalnya dari A ke B.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com