Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2014, 14:19 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber idiva
Kompas.com — Jerawat bukan cuma menyebabkan masalah saat ia memenuhi area kulit wajah, tetapi juga setelah sudah pergi. Jerawat bisa meninggalkan noda yang menggangu.

Menurut ahli kecantikan Nikos Narkissos, tak peduli sebanyak apa pun krim dan obat jerawat yang kita pakai, jika akar masalahnya belum diselesaikan maka jerawat akan terus muncul kembali.

Berikut beberapa saran yang ia berikan untuk menyingkirkan noda bekas jerawat di wajah.

Pakai terapi target
Cara terbaik untuk mencegah bekas jerawat adalah saat jerawat sedang dalam proses penyembuhan. Pilih obat yang tepat yang memang ditargetkan pada area jerawat. Produk yang mengandung AHA dan asam glikolik dan vitamin C sangat efektif untuk mengurangi terbentuknya jaringan parut pada bekas luka.

Hindari memencet
Meski rasanya tidak sabar untuk segera menghilangkan jerawat, tapi hindari memencet jerawat. Biarkan jerawat kempes dengan bantuan obat jerawat. Kebiasaan menyentuh jerawat, apalagi memencetnya hanya akan memperparah kondisi dan membuat bekas jerawat menjadi bopeng.

Lindungi dari matahari
Paparan sinar ultraviolet pada bekas jerawat dapat membuat area tersebut menjadi lebih hitam dan lebih jelas terlihat.

Atasi hiperpigmentasi
Gunakan produk yang memang ditujukan untuk mengatasi hiperpigmentasi penyebab warna kulit tidak merata. Produk ini biasanya adalah produk pencerah kulit.

Jangan menggunakan scrub berlebihan
Jaringan parut terjadi ketika Anda menggunakan scrub terlalu sering. Butiran kasar yang digunakan untuk menyingkirkan komedo justru akan mengiritasi jerawat dan menyebabkan jaringan parut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber idiva
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com