Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teh Hijau Kaya Antioksidan dengan Teknologi Satu Kali Penyeduhan

Kompas.com - 10/02/2014, 12:59 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Teh hijau diketahui banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Teh yang berasal dari Jepang ini sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah radikal bebas, dan juga menurunkan kolesterol. Kandungan cathechin yang tinggi membuahkan berbagai manfaat positif untuk tubuh Anda. Selain itu, semua varian teh termasuk teh hijau mampu memberi efek menenangkan saat diminum.

Untuk berbagai alasan ini, PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB), yang merupakan perusahan joint venture antara PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dengan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte, Ltd, dari Jepang meluncurkan produk minuman teh kemasan terbarunya, Ichi Ocha.

"Sekarang ini gaya hidup masyarakat sudah beralih menjadi gaya hidup yang sehat, dan konsumsi teh hijau juga termasuk dalam bagian gaya hidup sehat tersebut," ungkap Anastasia Sutadji, Direktur IASB saat konferensi pers peluncuran Ichi Ocha, Rabu (5/2/2014) lalu.

Ichi Ocha sendiri merupakan minuman teh hijau yang dikemas dalam botol. Yoshimi Miyano, Direktur PT IASB yang mewakili Asahi Group mengungkapkan, sebelum mereka meluncurkan minuman in;i, mereka sudah melakukan riset konsumen terlebih dulu. Riset ini dilakukan untuk menghasilkan karakteristik Ichi Ocha yang sesuai dengan selera konsumen teh hijau di Indonesia, terutama  rasa dan juga aromanya.

"Sedikit berbeda dengan warga Jepang, konsumen teh hijau Indonesia lebih suka dengan rasa yang lebih manis," papar Miyano. Menurut riset, masyarakat Indonesia lebih menyukai rasa teh yang manis dan juga teh beraroma teh hijau asli yang khas.

Satu kali proses penyeduhan
Menyadari bahwa sudah ada produk serupa di pasaran, Ichi Ocha memberikan keistimewaan lain dalam produk teh hijaunya. Sesuai dengan namanya, ocha berarti terbaik (Ichi berasal dari kata Ichiban yang berarti nomor satu), teh hijau ini diklaim terbuat dari daun-daun teh pilihan yang terbaik di Jepang. "Daun-daun teh ini dipetik dari beberapa wilayah perkebunan teh terbaik di Jepang," tambah Miyano.

Selain itu, untuk menghasilkan produk teh premium berkualitas terbaik, Ichi Ocha juga menggunakan teknologi Jepang satu kali penyeduhan. Teknologi penyeduhan ini hanya memberlakukan  daun teh diekstrak tidak lebih dari satu kali, tujuannya untuk menghasilkan tetesan teh hijau dengan rasa dan aroma terbaik.

"Proses penyeduhan teh terbaik sebenarnya adalah dengan satu kali penyeduhan. Proses ini akan membuat keseimbangan rasa dan aroma yang tepat. Selain itu, proses sekali seduh ini akan menghasilkan kandungan antioksidan seperti catechin dan asam amino dalam tingkat yang maksimal," papar Emilia E. Achmadi, MS, RD, Clinical Dietician.

Ditambahkan Emilia, proses penyeduhan dengan air panas berulang kali akan merusak kandungan catechin di dalam daun tehnya dan mengurangi manfaatnya untuk tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com