Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenang, Biaya Pesta Ultah Anak Bisa Ditekan, Kok!

Kompas.com - 12/02/2014, 17:43 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com- Pesta ulang tahun anak sebentar lagi datang. Tapi kita masih ragu dengan kondisi keuangan. Bisa jadi, selain harga-harga kebutuan makin melonjak, ada kebutuhan lain yang juga tengah diprioritaskan. Lantas, apakah pesta anak harus ditunda?

Tenang saja, dengan dana ala kadarnya, kita bisa kok tetap menggelar pesta. Tabloid Nova membeberkan ada enam cara menekan biaya pesta sang anak, sementara biaya sedang minim-mininya.

1. Pesta di Rumah

Jelas kita sudah bisa menghemat uang untuk sewa gedung atau tempat. Yang dibutuhkan adalah mendekorasi rumah. Libatkan anak-anak, suami, dan anggota keluarga untuk menyiapkan dekorasi. Bila cuaca bagus, lita juga bisa memanfaatkan taman sebagai tambahan tempat pesta.

2. Buat undangan sendiri

Kita bisa berkreasi menggunakan kertas karton dengan elemen bahan yang Kita punya hingga menjadi sebuah kerajinan yang menarik. Jika tak ada waktu, kita bisa memanfaatkan program seperti Microsoft Publisher yang sudah memiliki template. Tinggal dicetak menggunakan mesin printer.

3. Maksimalkan orang dekat

Jangan merasa tidak enak dengan mengundang semua teman-teman anak kita, mislanya semua teman satu kelas, karena pasti persiapan akan lebih banyak. Coba negoisasikan dengan anak, siapa saja yang sebaiknya diundang.

4 . Pastikan siapa yang datang

Salah satu cara menghemat pesta ulang tahun adalah jika kita mampu menyiapkan semua hal sesuai dengan jumlah kehadiran yang diundang. Itu sebabnya, tak ada salahnya kita mencantumkan nomor RSVP. Kita juga bisa lebih aktif memastikan ke orangtua anak yang diundang.

5. Dekorasi murah meriah

Untuk mengurangi pemasangan balon lebih banyak, kita bisa menempel pita-pita atau konfetti sebelum balon ditiup. Ini akan terlihat istimewa dan meriah hingga jumlah balon yang dipasang bisa dikurangi.

6. Potong biaya goodie bag

Kadang komponen biaya yang paling besar adalah untuk goodie bag dengan beragam isi, mulai dari beragam makanan kecil, minuman, hingga mainan. Kenapa tidak menyiapkan satu barang saja. Misalnya cokelat atau mainan seperti yoyo, balon gelembung atau yang lainnya. Kita pun tak perlu menyiapkan tas yang hanya sekali pakai. Kita juga bisa mengajak anak-anak menghias cup cake.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com