Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2014, 09:20 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com- Apakah Anda sedang bingung memutuskan ingin memiliki hewan peliharaan atau tidak? Barangkali fakta terbaru dari sebuah penelitian di Amerika ini dapat memantapkan pilihan Anda.

Sebuah studi terbaru menemukan fakta bahwa orang dewasa yang memiliki hubungan kuat dengan hewan peliharaannya juga merasakan keuntungan dalam kehidupan sosial dengan orang lain.

"Orang dewasa yang diteliti dalam studi ini memiliki hubungan yang kita dengan hewan peliharaan mereka. Dan dilaporkan bahwa mereka juga merasa lebih terikat dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat," kata penulis studi yang juga seorang psikolog, Megan Mueller, Ph.D..

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Developmental Science, meneliti lebih dari 500 orang dewasa (18-26 tahun). Mereka disurvei tentang sikap dan interaksi mereka terhadap hewan, serta karakteristik umum mereka (seperti kepercayaan diri, rasa peduli, depresi, dll).

Para peneliti menemukan bahwa orang yang merawat dan menaruh perhatian besar terhadap hewan lebih mungkin melayani dalam komunitas sosial bersama orang lain. Selain itu, orang dewasa yang memiliki hubungan dekat dengan hewan peliharaannya lebih berempati terhadap orang lain.

Pada penelitian sebelumnya juga ditemukan dampak positif dari memelihara hewan. Selain berpengaruh positif terhadap kesehatan mental, orang yang memiliki hewan peliharaan juga dapat meningkatkan kesehatan fisik.

Misalnya, dalam studi pada 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychologyditemukan bahwa orang yang memelihara hewan memiliki harga diri yang lebih besar, lebih sehat secara fisik, dan cenderung tidak merasa kesepian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com