Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2014, 11:35 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com — Kencan pertama selalu menjadi momen mendebarkan karena kita ingin tampil mengesankan di depan kekasih. Hubungan yang baru dijalin ini juga bisa berantakan jika ada ucapan atau sikap yang keliru.

Untuk mengenal pasangan lebih jauh, ada beberapa topik yang sebaiknya dibicarakan pada kencan pertama ini. Tentu saja topik yang dipilih bukan sesuatu yang kontroversial, emosional, atau mengorek masa lalunya. Hindari memonopoli pembicaraan, tetapi juga jangan menjadi pendengar yang pasif.

Aktivitas harian

Perbincangan aman pada saat kencan pertama adalah mengenai kehidupan Anda, aktivitas harian, dan latar belakang pendidikan atau pekerjaan. Saat si dia sedang bercerita, berilah respons untuk menunjukkan minat Anda. Hal ini juga bisa membantu mengetahui apakah pola pikir Anda sama dengannya. Hindari memberi komentar mengenai sesuatu yang Anda tidak yakin.

Keluarga dan teman

Anda bisa menceritakan sedikit mengenai keluarga pada kencan pertama. Tahan diri agar tidak sampai membicarakan masalah keluarga pada kesempatan ini. Cukup ceritakan anggota keluarga Anda atau beberapa kejadian lucu yang pernah terjadi dalam keluarga. Teman kuliah atau teman kerja juga menjadi topik menarik untuk dibicarakan saat kencan pertama. Namun, jangan ceritakan tentang si mantan.

Tempat kencan

Kencan pertama biasanya merupakan tempat yang istimewa. Anda bisa membicarakan hal-hal menarik mengenai tempat ini. Jika si dia yang memilih tempat, sampaikan kesan positif Anda.

Hobi

Membahas hobi, apa yang disukai dan tidak disukai adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan pada kencan pertama. Topik ini akan membantu Anda mengenal satu sama lain dengan baik.
 
Makanan

Tentu saja tempat kencan yang dipilih biasanya adalah restoran, kafe, atau gerai kopi. Membicarakan mengenai makanan adalah topik yang aman. Anda juga bisa menanyakan kepada kekasih makanan favoritnya. Saat berbicara, pastikan ada komunikasi dua arah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com