Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Bayi dan Batita Mengekspresikan Cinta kepada Orangtua

Kompas.com - 28/02/2014, 18:06 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber babycentre
KOMPAS.com —Sejak lahir bayi Anda sudah memiliki kemampuan untuk memberi tahu apa yang ia inginkan, suka, dan tidak disuka. Upaya yang dilakukannya untuk berkomunikasi dengan Anda disebut juga dengan istilah isyarat bayi.

Selain bayi, buah hati yang masih berusia di bawah tiga tahun pun memiliki caranya sendiri dalam mengekspresikan perasaannya kepada orangtua. Berikut panduannya:

Saat bayi selalu mengingat Anda

Makna di balik tatapan bayi yang selalu terarah kepada Anda saat sedang digendong adalah tanda bahwa dia mengingat Anda, pemilik wajah penuh peluh yang menatapnya sarat cinta kala ia baru lahir dahulu.

Saat bayi merindukan Anda

Di kisaran usia 8 hingga 12 bulan, bayi sudah hafal dengan wajah orangtuanya. Bila ingin menguji apakah bayi mengenali Anda, saat sedang bersamanya coba pura-pura seolah Anda akan pergi. Jika bayi menangis saat ditinggalkan, lalu tersenyum ketika Anda kembali, artinya si kecil sudah mengenali Anda dan telah memiliki rasa rindu ketika Anda jauh.

Saat si kecil percaya dan nyaman bersama Anda

Ketika terjatuh atau kelelahan, si kecil selalu mencari Anda. Meskipun saat itu ada anggota keluarga yang lain, tetap saja hanya Anda yang ia inginkan. Ini adalah bukti bahwa Anda adalah seseorang yang bisa membuat hatinya kembali tenang dan nyaman. Jadi, jangan berkecil hati meski batita jarang mengucapkan “aku sayang mama” atau “aku cinta mama” sebab perilaku dan bahasa tubuh memiliki makna yang lebih dalam daripada pujian secara lisan.  

Saat batita selalu memikirkan Anda

Suatu hari, batita Anda menyerahkan satu lembar kertas gambar yang dipenuhi dengan corak warna yang tak beraturan, sekilas terlihat seperti tumpahan cat dinding. Meskipun begitu jangan pernah mencela karyanya. Hanya ada satu alasan mengapa si kecil memberikan prakaryanya kepada Anda, yakni saat sedang membuatnya, Andalah yang ada dalam pikirannya.

Saat batita menghormati Anda

Bila si kecil selalu menanyakan pendapat dan opini Anda terhadap apa pun yang akan ia kerjakan, ini berarti penilaian dari Anda penting untuk dirinya. Misalnya, ketika sedang asyik bermain papan panjat dan berhasil mencapai tingkat tertinggi, lalu dia berteriak memanggil Anda, “Mama lihat sini, aku berhasil”. Artinya, si kecil ingin membuat Anda merasakan kebahagiaan yang ia rasakan.

Saat batita menganggap Anda sebagai sahabat

Jangan langsung curiga ketika batita mengatakan bahwa dia senang mengidolakan Coboy Junior karena menurutnya mereka tampan. Sebaliknya, Anda justru harus mendengarkan cerita dan menggoda pipinya yang bersemu merah. Ketika anak berbagi rahasia kepada Anda berarti untuknya Anda adalah sosok yang paling bisa dipercaya. Nikmatilah masa-masa ini sebab bisa jadi dua tahun dari sekarang, si kecil memilih teman sekolahnya untuk berbagi rahasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com