Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2014, 17:53 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Orang bilang makan sushi itu sehat dan bisa membantu menurunkan berat badan. Namun hati-hati, ini tidak sepenuhnya benar.  

Carol Ann Rinzler, penulis buku Nutrition for Dummies mengungkapkan bahwa sushi sebenarnya tergolong makanan rendah lemak, tapi jika tidak disantap dengan tepat maka makanan ini juga bisa berpotensi meningkatkan bobot tubuh Anda lho.

Agar tak salah pilih, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyantap sushi.

1. Mulailah dengan sup
Sebelum makan sushi, ada baiknya untuk menyantap sup miso sebagai pembukanya. Sup ini akan membantu Anda mempersiapkan perut agar siap menerima makanan. Selain itu, kuah kaldu hangatnya akan membantu membuat Anda merasa cepat kenyang tanpa harus menambah kalori yang banyak. Satu mangkuk sup miso mengandung 75 kalori.

2. Pilih daging tuna atau salmon segar
Pilihlah sushi yang berbahan dasar tuna atau salmon segar. "Untuk memaksimalkan manfaat sushi, pilihlah sushi yang kaya dengan omega-3. Asam lemak ini akan membantu melindungi hati dan juga otak Anda," ungkap Rinzler. Ia menyarankan untuk menyantap sushi salmon dan tuna. Kedua sushi ini dinilai rendah kalori (40 kalori per ons salmon, dan 42 kalori untuk tuna). Selain itu, kedua ikan ini kaya kandungan omega-3, protein dan vitamin D.

2. Jangan singkirkan wasabi
Kalau makan sushi, biasanya wasabi juga akan disajikan bersamanya. Namun, rasanya yang unik (bahkan cenderung aneh) membuat banyak orang tidak menyukainya. Agar sushi jadi lebih sehat dan membantu menurunkan berat badan, jangan lupa untuk menyantap si hijau ini juga.

"Wasabi mengandung antioksidan yaitu isothiocynates. Senyawa ini akan mengaktifkan senyawa aktif di bahan makanan lainnya yang memberi manfaat untuk tubuh," katanya.

3. Hindari gorengan
Margaux J. Rathbun, Praktisi Nutrisi menyarankan untuk menghindari aneka gorengan saat makan sushi. Hindari juga crunchy rolls atau sushi-sushi yang mengandung minyak.

4. Pilih yang dipanggang atau mentah
"Pilihlah sushi yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Salah satu sushi kesukaan saya adalah sashimi karena pada dasarnya ini hanya sekadar daging ikan tanpa nasi atau bahan tambahan lainnya," kata Rathbun.  

Janel Ovrut Funk, Ahli diet dari Boston mengatakan bahwa sashimi meman pilihan tepat saat diet. Ia mengatakan, dalam setiap gulungan nasi sushi memiliki kalori sampai 200 kalori. Bayangkan jika Anda makan beberapa gulung sushi.

5.Makan jahe merahnya
Selain wasabi, komponen lain yang sering dihindari saat makan sushi adalah jahe merahnya. Ini bukan sekadar garnish lho. Tetapi ini akan membantu memaksimalkan penurunan berat badan serta menjaga kesehatan Anda.

7. Hindari sushi dengan mayonaise
Rasa sushi dengan mayonaise memang enak, tapi Anda semua tahu kan kandungan lemak di dalam mayonaise itu sangatlah tinggi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com