Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2014, 14:53 WIB

Kompas.com - Namanya juga iklan, pasti selalu berjanji kalau produknya mampu memberikan yang terbaik. Seperti produk krim mata yang katanya mampu menghilangkan garis halus, kerutan atau keriput, dan juga lingkaran hitam pada mata (mata panda).

Tapi bagi sebagian orang, krim mata hanyalah pelembab biasa yang harganya jauh lebih mahal dibanding dengan pelembab lain. Benarkah?

Belum tentu. Dermatolog Patricia Farris, MD , yang juga seorang profesor klinis di Tulane University School of Medicine berkata pada WebMD Magazine , “Krim mata diformulasikan khusus untuk kulit halus di sekitar mata, sehingga teksturnya cenderung lebih tebal. Krim ini mengandung lebih banyak minyak daripada lotion wajah secara teratur, dan juga mengandung banyak bahan aktif yang ditujukan untuk masalah-masalah di sekitar mata.”

Kulit di sekitar mata, kata Farris, memang lebih rapuh, lebih rentan terhadap kekeringan, dan lebih cepat berubah karena faktor usia dan kelelahan. Menyipitkan mata dan gerakan konstan dari mata juga dapat mempercepat munculnya garis-garis dan kerutan serta mengumpulkan cairan di bawah mata yang menyebabkan bengkak dan lingkaran hitam.Krim mata, ternyata, dapat mengatasi beberapa masalah ini.

Berikut tiga masalah pada kulit sekitar mata yang biasa membuat para wanita resah.

Garis atau Kerutan Halus

Garis-garis halus dan kerutan bisa juga datang dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari dan kurangnya kolagen yang disebabkan pertambahan usia.

Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit. Sebuah studi krim kulit menunjukkan, vitamin C, peptida, dan retinol mampu meningkatkan produksi kolagen. Ceramide dan asam hyaluronic juga membantu. Keduanya adalah pelembab yang membantu mencegah hilangnya air di kulit dan meningkatkan elastisitas. “Pelembab mata yang mengandung retinol adalah salah satu favorit saya,” kata Farris.

Lingkaran Hitam  

Lingkaran hitam di bawah mata biasanya berasal dari gen, kerusakan akibat sinar matahari, umur, dan peningkatan sel darah merah dalam tubuh.. Natrium askorbat atau vitamin C, dapat mengentalkan kulit dan membantu menyembunyikan lingkaran gelap itu setelah sekitar 6 bulan penggunaan krim. Niacinamide atau vitamin B3 dan asam kojic dapat meringankan lingkaran hitam.

Bengkak  

Bengkak pada mata diakibatkan penumpukan cairan dan darah di bawah mata. Beberapa studi menunjukkan, kafein dapat membantu sirkulasi darah dan mengurangi bengkak. Sedangkan studi lain menunjukkan, suhu dingin justru lebih efektif untuk mengobati bengkak itu. Itulah mengapa beberapa orang mendinginkan krim mata mereka di lemari pendingin sebelum menggunakannya.

Jadi, masih ragukah Anda untuk menggunakan krim mata?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com