Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2014, 14:14 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Meski rasanya sedikit pahit, teh hijau termasuk dalam jenis teh yang menjadi favorit banyak orang. Apalagi, menurut penelitian, teh ini memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan.

"Teh hijau mengandung catchecin yang mampu membantu menghancurkan lemak yang berpotensi membuat tubuh jadi gemuk," kata ahli nutrisi, Emilia Achmadi, saat peluncuran Ichi Ocha beberapa waktu lalu di Jakarta.

Meski begitu, menurut Emilia, ada kesalahan umum yang sering terjadi ketika kita mengonsumsi teh hijau dan jenis teh lainnya.

"Kesalahan yang sering terjadi adalah mereka makan dan minum teh bersamaan. Lagi makan siang, pesan minumnya teh hijau atau teh lainnya, ini percuma saja karena enggak ada manfaatnya," ujar Emilia.

Ketika dikonsumsi dalam waktu berdekatan, zat-zat aktif dalam teh hijau dan juga zat besi dari makanan akan berkurang manfaatnya. Senyawa tanin di dalam teh akan menghalangi penyerapan zat besi dari makanan ke dalam tubuh. Dengan begitu, zat besi yang terserap ke tubuh akan sangat sedikit.

Untuk itu, ia mengatakan agar tidak mengganti posisi air putih dengan teh hijau saat makan. Teh hijau ini sebaiknya dikonsumsi beberapa menit setelah makan. Ini akan memberikan waktu kepada tubuh untuk menyerap semua sari makanan dengan sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com