Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Boros dan Suka Dandan di Masa Subur

Kompas.com - 08/03/2014, 08:18 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com -
Mungkin Anda mengira hari ini memilih gaya busana yang menarik karena suasana hati sedang bahagia. Sebenarnya, tanpa disadari kita berdandan secantik mungkin untuk bersaing dengan wanita lain menarik perhatian pria.

Para ahli mengamati, para wanita berdandan lebih cantik dan seksi mendekati masa ovulasi (masa subur). Hal ini mereka lakukan untuk mengintimidasi dan bersaing dengan wanita lain.

Agar penampilan mereka menarik, para  wanita juga cenderung membelanjakan uangnya lebih banyak dari biasanya mendekati masa subur.

"Menjelang masa subur hormon estrogen dalam tubuh wanita sangat tinggi. Hal ini berpengaruh pada perilaku materialistik mereka," kata Dr.Kristina Duante, Ph.D, dari Universitas Texas, AS.

Pilihan barang yang dibeli pun umumnya lebih bertujuan untuk menyaingin wanita lain, misalnya perhiasan.

Kecenderungan wanita untuk bersikap impulsif tersebut sebenarnya diwarisi dari nenek moyang kita. Pada masa tersebut mereka harus bersaing untuk mendapatkan pria unggul demi meneruskan keturunannya. Masa ovulasi adalah satu-satunya kesempatan bagi wanita untuk hamil sehingga mereka melakukan banyak upaya untuk menarik pria. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com