Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2014, 13:13 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Womans Day


KOMPAS.com - Terlalu banyak duduk terkadang malah membuat Anda jadi malas bergerak dan lemas. Agar tubuh jadi lebih bertenaga dan jadi lebih kuat, Anda bisa memanfaatkan kursi untuk membuat tubuh seluruh tubuh jadi lebih kuat.

Penelitian menemukan bahwa melatih kekuatan tubuh akan mengurangi risiko tubuh terkena serangan jantung. Selain itu melatih kekuatan tubuh juga akan membantu menurunkan berat badan dan risiko obesitas sampai 37 persen.

Membuat tubuh lebih kuat ternyata tak sulit, bahkan bisa dilakukan dengan gerakan-gerakan sederhana.

1. Leg lift
1 menit pertama: berjalan di tempat
1 menit kedua : berdiri dengan satu kaki
Berdirilah dengan posisi kaki terbuka. Peganglah bagian belakang kursi. Perlahan-lahan angkat kaki ke samping. Pastikan untuk menjaga kaki Anda tetap lurus ke samping. Turunkan kembali kaki Anda. Ulangi selama 30 detik dan ganti kaki.

2.Chair dip
Jongkoklah di depan kursi. Kemudian tempatkan tangan di ujung kursi. Bertumpulah pada kedua tangan di kursi, kemudian perlahan-lahan angkat tubuh Anda beberapa senti. Ulangi selama satu menit.

3. Plie Squat
Berdirilah membelakangi kursi dan buka kaki selebar bahu. Ambil posisi squat dan posisikan seperti ingin duduk di kursi. Mulailah hitungan dan turunkan bokong untuk duduk di kursi, kemudian angkat lagi sampai posisi berdiri. Lakukan selama satu menit.

4. Seated crunch
1 menit pertama, duduklah di kursi dan letakkan tangan di belakang kepala. Angkat kaki kiri sambil memiringkan badan dan kepala ke kiri juga. Lakukan bergantian dengan kaki sebelahnya dan ulangi beberapa kali.

5. Ulangi langkah-langkah leg lift, chair dips, plie squat dan seated crunches sebelumnya selama empat menit. Kemudian satu menit terakhir gunakan untuk pendinginan. Berdirilah dan regangkan tangan kemudian tarik nafas dalam-dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Womans Day
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com