Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Perlengkapan Melahirkan yang Perlu Dibawa ke Rumah Sakit

Kompas.com - 23/03/2014, 15:06 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber babycentre

Kompas.com - Kamar untuk bayi telah siap dan tertata sesuai rencana, seluruh ruangan tampak menawan dengan warna-warna pastel yang menyejukkan pemandangan. Jangan tanya soal persiapan baju bayi, sudah “menggunung” dari jauh hari.  Sekarang, saatnya untuk mempersiapkan perlengkapan yang wajib dibawa selama menjalani proses persalinan di rumah sakit.

Sebelum mengemas kebutuhan Anda selama menjalani persalinan nanti, pastikan pada pihak rumah sakit mengenai kebijakan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dibawa berada di lingkungan rumah sakit. Sebab, setiap rumah sakit memiliki aturan yang variatif. 

Seperti dikutip dari Baby Centre, disarankan untuk membawa dua koper, satu untuk perlengkapan ibu dan satu lagi untuk kebutuhan sang bayi tercinta. Letakkan dalam bagasi mobil, atau di tempat yang mudah ditemukan. Waktu yang tepat untuk mempersiapkan perlengkapan ini adalah saat usia kehamilan ibu mencapai 36 minggu.

Berikut beberapa daftar kebutuhan yang wajib dibawa untuk kebutuhan selama proses persalinan dan usai melahirkan;

Jurnal pasien. Catatan medis selama kehamilan dari dokter kandungan, serahkan kepada suster penjaga atau dokter kandungan Anda.

Busana longgar. Di Indonesia dikenal dengan sebutan daster. Material daster umumnya menggunakan garmen yang ringan dan sejuk di kulit. Siapkan setidaknya dua daster, untuk dikenakan saat masa persalinan berlangsung, dan untuk usai melahirkan. Pilihlah yang berwarna gelap, untuk menyamarkan noda bekas darah atau cairan lainnya  yang terpapar di baju Anda.  Selain itu, jangan lupa membawa dua sarung khusus ibu melahirkan.

Kaus kaki. Untuk menghangatkan kaki Anda ketika melahirkan. Percaya atau tidak percaya, proses persalinan memberikan efek yang berbeda-beda pada masing-masing ibu hamil. Salah satunya adalah suhu telapak kaki yang dingin, maka dari itu persiapkanlah kaus kaki tebal yang cukup menghangatkan

Minyak pijat atau losion pijat. Untuk berjaga-jaga apabila Anda menginginkan pijatan ringan selama proses persalinan.

Satu pak pembalut usai melahirkan. Selain itu, bawa juga bra khusus menyusui. Jangan lupa sertakan beberapa bantalan kecil untuk payudara (breast pad), baik untuk sekali pemakaian atau yang bisa dicuci.

Pelembab bibir dan kulit tubuh. Umumnya kamar di rumah sakit memiliki suhu ruang yang dingin, dan bisa menyebabkan kulit jadi kering. Sejumlah ibu hamil tidak nyaman dengan kondisi yang demikian. Maka dari itu, berjaga-jagalah dengan membawa pelembab yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Perlengkapan bayi. Mulai dari popok, baju, selimut, topi, kaus kaki dan baju hangat

Makanan ringan dan air putih. Realitanya, ketika seorang ibu tengah mengalami proses persalinan, mereka tak memikirkan makanan dan perut yang lapar. Maka dari itu, katakan pada suami  untuk mengingatkan Anda mengisi perut dengan camilan sehat dan air putih yang cukup.

Buku, iPad, atau majalah. Fungsinya untuk mengisi waktu dan mengalihkan pikiran di masa persalinan lama dan menyakitkan.

Bando dan jepit rambut. Ibu hamil yang memiliki rambut panjang, sangat direkomendasikan untuk menguncir rambut Anda, agar tubuh dan pikiran terasa lebih nyaman.

Bantal. Tentu saja rumah sakit telah menyediakan bantal untuk Anda, tetapi dengan kondisi seluruh tubuh yang tengah “bergejolak” dan menimbulkan rasa sakit dari kepala hingga kaki, maka dibutuhkan banyak bantal sebagai sandaran, agar tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

Musik. Anda sedang berada dalam kondisi paling menderita dan sama sekali tidak kondusif. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan iPod atau MP3 Player yang berisikan lagu-lagu favorit, siapa tahu alunan suara vokalis idola Anda bisa menenangkan pikiran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber babycentre
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com