Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Testimoni Positif Sebuah Produk di Internet Pengaruhi Minat Belanja

Kompas.com - 24/03/2014, 10:58 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis



Kompas.com -
Membawa ponsel saat berbelanja memang banyak manfaatnya, salah satunya adalah membandingkan harga. Selain melihat harga, mereka juga memanfaatkan situs toko untuk membaca ulasan (review) mengenai suatu produk.

Pola belanja konsumen di era digital kini memang telah berubah. Bukan hanya kita mengandalkan orang lain sebelum memutuskan apakah suatu produk layak dibeli atau tidak, namun kita juga akan terhubung dengan orang lain melalui ponsel sambil berbelanja.

Hasil studi yang dilakukan oleh Interactions Marketing mengenai tren konsumen menunjukkan, 91 persen wanita melakukan online survei sebelum mereka melakukan pembelanjaan. Survei tersebut dilakukan dengan ponsel mereka.

Meski saat ini cukup banyak orang yang menulis testimoni mengenai sebuah produk di media sosial, tetapi ternyata hanya sedikit responden yang melihat review barang di emdia sosial. Sebaliknya, mereka memilih situs resmi sebuah produk atau toko untuk mencari informasi di sana.

Sebanyak 80 persen wanita yang disurvei mengungkapkan, mereka terpengaruh untuk membeli sesuatu setelah membaca ulasan yang bersifat positif. Mereka berpendapat, seseorang akan menulis ulasan atau review jika mereka sangat puas atau sangat kecewa.

Jenis barang yang paling banyak dicari ulasannya di internet adalah elektronik (82 persen), pakaian dan aksesoris (62 persen), komputer (59 persen), peralatan rumah tangga (55 persen), ponsel (50 persen), tablet (39 persen), perabot rumah tangga (36 persen), barang-barang kelontong (20 persen), serta produk kesehatan dan kecantikan (4 persen).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com