Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2014, 09:20 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Usai hujan semalaman, tantangan paling sulit adalah membuka mata di pagi hari. Rasanya masih ingin berbaring malas di bawah selimut, setidaknya untuk dua jam ke depan. Tetapi, apa mau dikata, semua tinggal mimpi karena Anda harus segera bersiap-siap beraktivitas dan bekerja.

Saat Anda membutuhkan tiga kali mematikan alarm untuk akhirnya benar-benar terbangun dari tempat tidur, itu merupakan tanda kelelahan yang menyatu dengan rasa malas. Seperti dikutip dari SHAPE, untuk membangkitkan energi dan tubuh lebih bersemangat, salah satu cara yang terbilang efektif adalah membuka tirai kamar di waktu pagi.

Pencahayaan alami adalah sinyal penting untuk jam internal tubuh, yaitu mekanisme dalam otak yang membuat Anda melakukan berbagai aktivitas dari mulai tidur di malam hari hingga sarapan. Riset menunjukkan bahwa terpapar sinar matahari pagi dapat membantu Anda lebih terjaga dan meningkatkan energi sepanjang hari, bahkan memacu metabolisme.

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

Hal ini menjadi semakin penting di musim hujan, “Langit mendung dan udara yang sejuk membuat Anda merasa malas dan dapat menghadirkan perasaan sedih atau depresi musiman,” ujar Michael Terman, Ph.D., Direktur Center of Light Treatment di Columbia University Medical Centre.

Jika posisi kamar Anda memang tidak mendapatkan banyak sinar matahari, gunakan lampu fluourscent putih untuk membuat Anda semangat menghadapi hari dan musim yang baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com