Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Orangtua Lalai Jaga Kebersihan Mulut Bayi

Kompas.com - 03/04/2014, 09:49 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Kebiasaan membersihkan rongga mulut, utamanya pada bagian gigi dan gusi, perlu dilakukan sedari dini. Meski  bayi belum tumbuh gigi, seluruh area gusi perlu rutin dibersihkan setiap hari. Sayangnya, banyak orangtua yang mengabaikan kebersihan rongga mulut bayi.

Peter Andreas, Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Pencegahan FKG Universitas Indonesia, mengatakan kebiasaan membersihkan gusi dan lidah bayi seringkali diabaikan para orangtua.

"Banyak ibu terlambat membiasakan sikat gigi kepada anaknya," katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, meski bayi belum tumbuh gigi, orangtua bisa mulai membiasakan membersihkan gusi dengan memijatnya secara lembut.

"Sisa susu atau makanan perlu dibersihkan. Pijat gusi bayi dan bersihkan lidah dengan lembut menggunakan kain kasa," sarannya.

Jika kebiasaan ini tak juga dilakukan orangtua, bayi berisiko mengalami sariawan. Pasalnya, kebiasaan bayi menyusu menyebabkan gula tertinggal di rongga mulut. Jika tak rutin dibersihkan, pertumbuhan kuman bisa menimbulkan gangguan. Selain mengatasi pertumbuhan kuman, kebiasaan membersihkan gusi juga bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com