Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2014, 14:09 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com -  Mengakumulasikan jatah cuti libur dari kantor, merupakan strategi umum yang diterapkan oleh sebagian besar karyawan untuk menikmati waktu berlibur lebih lama di lokasi yang jauh dari kota asal.

Mengambil jatah cuti di tengah minggu kerja bagi sebagian orang dianggap bukan pilihan yagn menyenangkan. "Selama bertahun-tahun saya selalu mengambil libur secara acak. Lalu, yang membuat saya bingung mengapa orang lain tidak melakukannya lagi? Tentu kita ingin menyimpan hari libur untuk jalan-jalan dan sejenisnya, tapi jangan remehkan juga manfaat cuti acak hanya untuk sekadar libur di rumah," kata Life Coach, Susie Moore. 

Berikut beberapa alasan mengapa cuti di tengah minggu kerja dapat menenangkan pikiran dan menciptakan rasa gembira:


1. Membuat Anda merasa spesial
Rasanya sangat menyenangkan karena bisa menikmati hari libur, di mana orang-orang lain sibuk bekerja. Anda lebih leluasa melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bisa dilakukan di hari kerja. Seperti misalnya, bangun di pagi hari tanpa buru-buru mandi dan bersiap kerja, bisa menonton tayangan gosip hingga tuntas, makan siang terasa lebih nikmat, dan menghabiskan sore hari dengan memanjakan diri di salon.

2. Memecah stres mingguan
Walapun hanya satu hari cuti, tetapi empat hari bekerja rasanya pasti berbeda dengan kerja lima hari. Ini akan membantu Anda terbebas dari stres akibat pekerjaan yang menumpuk. Tujuannya, supaya pikiran lebih ringan dan hati lebih bahagia, sehingga tugas yang tertunda dapat diselesaikan lebih mudah dan cepat saat kembali kerja esok hari

3. Dunia serasa milik sendiri
Saat cuti di tengah-tengah minggu, cobalah untuk mengunjungi berbagai tempat favorit Anda, misalnya restoran,spa, mal bioskop,atau toko buku yang selalu ramai di akhir pekan. Nikmatilah waktu tanpa orang-orang yang saling berdesakkan, rasanya pasti seperti dunia milik sendiri.

4. Punya waktu untuk berpikir
Suami masuk kerja, teman pun masuk kerja dan hanya Anda sendirian di rumah. Nuansa yang hening bisa membuat Anda berpikir lebih tenang dan terencana.

5. Membangkitkan semangat kerja
Sepanjang minggu bekerja, tentu saja membuat pikiran jadi keruh dan stres. Satu hari libur di tengah minggu membuat Anda bebas melakukan banyak hal seorang diri tanpa gangguan.  Ini merupakan kesempatan untuk “isi ulang” energi dan semangat hidup yang kerap kali luruh akibat deraan stres dan beban kerja. . 

6. Menikmati waktu tanpa aturan
Kalau di kantor, Anda tidak bisa bebas melakukan apapun, karena ada bos yang mengatur semua pekerjaan, dan ada juga anak buah yang harus diawasi. Namun saat cuti, tak ada aturan yang berlaku kecuali aturan yang Anda buat untuk diri sendiri.

7. Anda berhak menikmati hidup tanpa beban
Anda adalah pribadi yang sangat berharga untuk keluarga dan pastinya untuk diri sendiri. Anda layak untuk mendapatkan cuti setelah bekerja keras sepanjang minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com