Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rival Berusaha Menjatuhkan, Fokus Saja ke Tujuan Bekerja

Kompas.com - 14/04/2014, 10:17 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Pekerjaan selalu ada dinamikanya, baik yang menyenangkan, mengejutkan hingga mengecewakan. Salah satunya, seseorang memposisikan Anda sebagai rival yang harus dijatuhkan bukan sebagai rekan kerja yang saling mendukung demi mencapai tujuan bersama.

Agar pekerjaan tak terganggu, tak usah "tenggelam" dalam masalah semacam ini. Caranya, fokus saja kepada tujuan Anda bekerja atau berkarier. Tujuan inilah yang akan menyelamatkan Anda dari berbagai masalah atau tantangan di dunia kerja.

Leadership Coach & Motivator, Ainy Fauziyah, mengatakan selama Anda memiliki tujuan baik dalam bekerja atau berkarier, apa pun masalah yang muncul, siapa pun yang berniat jahat terhadap Anda, bisa diatasi.

"Sebenarnya yang membuat kita jatuh pertama kali adalah diri sendiri. Kata-kata yang muncul di pikiran itulah yang menjatuhkan diri kita sendiri. Jadi biarkan orang lain yang berniat jahat melakukan permainannya. Lakukan pekerjaan dengan baik dan terhormat, ingat kembali kepada tujuan bekerja," kata Ainy kepada Kompas Female.

Ainy mengatakan orang yang bekerja dengan tujuan baik, yakni memberi manfaat kepada orang lain, meski hanya kepada satu dua orang, atau bahkan kepada ratusan orang, akan memiliki karier yang baik.

"Memiliki karier yang baik dan hidup bahagia bisa kok, asalkan punya tujuan hidup yang baik, tujuan bekerja yang baik," katanya.

Dengan memiliki tujuan baik inilah, sejahat apa pun orang lain terhadap Anda dalam pekerjaan, Anda takkan tergoyahkan.

"Tujuan yang baik dalam bekerja akan membuat sesuatu yang jahat itu tak terlihat, yang jahat itu takkan menang. Kekuatan waktu akan memberikan balasan yang jauh lebih dahsyat daripada niat jahat itu," ujarnya.

Kalau bekerja sudah dilandasi dengan niat baik, kata Ainy, Anda juga akan selalu bisa berbuat baik kepada siapa pun, termasuk orang yang berniat jahat.

"Berbuat baik saja kepada orang yang berniat jahat, dan berhentilah berharap dia akan baik dengan Anda," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com